5 Cara Menghilangkan Karang Gigi

684 Views

Sebagai penggemar minuman teh dan kopi serta minuman ringan lainnya, terutama kopi, pada akhirnya kalau kita tidak sering dan rajin untuk membersihkan gigi, bisa dipastikan untuk gigi akan menimbulkan karang gigi.  Karang Gigi ini akan mengganggu kesehatan gigi dan mulut kita dan juga tidak sedap untuk dipandang.

Apa itu karang gigi? Karang gigi adalah kumpulan dari sisa makanan dan minuman yang telah konsumsi sepanjang hari dan menumpuk sehingga terbentuk  plak pada permukaan gigi. Jika kita tidak menyikat gigi dengan cermat, maka plak ini akan terakumulasi, mengeras, dan membentuk karang gigi. 

Karang gigi tidak baik jika tidak dibersihkan, karena karang gigi menjadi sarang dari jutaan bakteri yang hidup di pori-pori karang gigi dan dapat mengakibatkan masalah kesehatan mulut seperti masalah gusi, gigi berlubang, bau napas tak sedap serta radang gusi.

Kalau tidak mau menjadi sebuah masalah serius terhadap kesehatan gigi dan mulut maka kita harus memastikan masalah karang gigi diatasi hingga tuntas. 

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara Pertama untuk membersihkan Karang Gigi adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Karena Karang Gigi yang sudah mengeras akan menjadi menjadi masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Setidaknya dengan mengunjungi rutin dokter gigi akan mampu mengobati masalah karang gigi. Salah satu perawatan yang diberikan dokter gigi dalam menangani karang gigi adalah melakukan Scalling GigiAda dua jenis teknik scaling gigi, yaitu :

  1.    Scaling gigi metode ultrasonik, menghilangkan karang gigi dengan menggunakan getaran berfrekuensi tinggi.
  2.    Scaling gigi metode mekanik, membersihkan karang gigi dengan cara mengikisnya dengan menggunakan alat khusus yang disebut periodontal curette

Comments

Signin Signup