Posisi Duduk Yang Baik Saat Hamil

Views

Menjaga posisi duduk yang baik bagi ibu hamil dapat membuat ibu merasa lebih nyaman saat beraktivitas. Seiring perubahan yang terus terjadi pada fisik dan juga tingkat hormon ibu hamil, muncul banyak ketidaknyamanan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Agar Bunda merasa nyaman ketika duduk, berikut tips posisi duduk yang baik untuk ibu hamil.

Muntah, sakit kepala, migrain, cepat lelah, nyeri ulu hati, susah buang air besar, susah tidur atau insomnia, sakit gigi, hingga gusi berdarah mungkin pernah dirasakan oleh Bunda ketika sedang mengandung. Ditambah dengan perut yang semakin membesar, sudah pasti membuat Bunda sulit bergerak dengan bebas, bahkan untuk sekadar duduk. Namun jangan khawatir, di bawah ini ada tips posisi duduk yang baik untuk ibu hamil yang dapat Bunda praktikkan.

Berbagai Posisi Duduk yang Baik untuk Ibu Hamil

Inilah berbagai posisi duduk bagi ibu hamil agar merasa lebih nyaman dalam menjalani kehamilan, yaitu:

Duduk di kursi dengan sandaran punggung

Perubahan postur tubuh dan berat badan ketika hamil membuat para ibu sulit bergerak. Agar duduk menjadi lebih mudah, dianjurkan untuk menggunakan kursi yang ada sandaran punggungnya. Sandaran punggung tersebut bisa membuat ibu hamil duduk dengan nyaman. Lebih bagus lagi jika kursi tersebut bisa diatur ketinggiannya agar telapak kaki Bunda bisa menyentuh lantai. Setelah kursi disiapkan, duduklah dengan posisi punggung tegak lurus, bahu ke belakang, dan bokong menyentuh bagian belakang kursi.

Bunda juga bisa memutar kursi agar sandaran kursi bersentuhan dengan perut Bunda. Condongkan tubuh ke sandaran kursi dan letakkan kedua tangan Bunda di atas kursi. Jika kurang nyaman, Bunda bisa menyelipkan bantal kecil di antara perut dan kursi bila perlu.

Duduk di kursi tanpa sandaran punggung

Tidak ada kursi dengan sandaran punggung? Tidak masalah. Cukup pakai bantal untuk menopang punggung Bunda. Walau tidak ada sandaran, pastikan Bunda selalu duduk tegak lurus atau dengan punggung sedikit melengkung ke belakang. Kenapa harus duduk tegak? Karena duduk dengan postur membungkuk bisa membuat Bunda merasa sakit saat bergerak nanti. Selain itu, lebarkan jarak antar kaki, pastikan telapak kaki menjejak tanah dan jangan bertumpu pada perut ketika duduk. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup