Tips Posisi Tidur Yang Nyaman Untuk Ibu Hamil Muda

Views

Tidur nyenyak bisa menjadi hal yang sulit didapatkan ketika sedang hamil muda. Pasalnya, posisi tidur yang biasanya nyaman kini menjadi kurang nyaman akibat perut yang mulai membesar. Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa posisi tidur yang bisa membantu ibu hamil untuk dapat tidur dengan nyenyak.

 Posisi Tidur yang Disarankan saat Hamil Muda

Dari sekian banyak posisi tidur yang ada, setidaknya ada dua posisi tidur yang disarankan selama hamil:

Tidur miring (sleep on side / SOS)

Tidur miring ke kiri dengan lutut ditekuk adalah salah satu posisi tidur yang paling nyaman untuk ibu hamil muda. Selain nyaman, posisi ini juga sangat baik untuk kehamilan,  karena bisa meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke janin.

Agar posisi tidur semakin nyaman, Anda bisa menaruh bantal di bawah perut, di antara kaki, serta di belakang punggung. Posisi tidur miring ke kiri ini juga sangat baik untuk ibu hamil muda yang mengalami sesak napas dan nyeri punggung.

Tidur setengah Duduk

Tidur dengan posisi setengah terduduk juga cukup membuat ibu yang sedang hamil muda merasa nyaman. Posisi ini juga bisa meringankan nyeri ulu hati yang sering terjadi selama trimester pertama kehamilan.

Nyeri ulu hati pada ibu hamil umumnya dipicu oleh hormon progesteron yang menyebabkan otot antara lambung dan kerongkongan melemah. Alhasil, makanan dan asam lambung yang ada di dalam lambung dapat kembali naik ke kerongkongan. Untuk posisi tidur terduduk yang lebih nyaman, Anda bisa menambahkan berapa bantal di bawah punggung.

Jika rasa tidak nyaman saat tidur disebabkan oleh perubahan payudara, maka ibu hamil bisa menyiasatinya dengan menggunakan bra khusus. Misalnya bra khusus ibu hamil atau bra untuk olahraga (sports bra) yang nyaman. Selain itu, ibu hamil dapat memeluk bantal besar untuk membantu melindungi payudara yang sensitif. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup