Menstruasi Terlambat Belum Tentu Tanda Hamil

Views

Telat menstruasi 1 minggu sering kali dikaitkan sebagai tanda kehamilan, padahal faktanya belum tentu demikian. Faktor lain, seperti stres dan gangguan hormon, juga dapat membuat mensturasi datang terlambat. Telat menstruasi belum tentu merupakan pertanda hamil, terlebih jika hasil tes kehamilan negatif.

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari rahim wanita yang terjadi karena sel telur tidak dibuahi. Siklus menstruasi yang normal pada tiap wanita berbeda-beda. Ada yang siklusnya tiap 21 hari, ada juga yang tiap 35 hari. Selama rentang waktunya berada di antara 21-35 hari, maka masih dianggap normal.

Beberapa wanita mungkin pernah mengalami terlambat menstruasi yang tidak biasa, bisa telat menstruasi 1 minggu, bahkan hingga sebulan. Nah, untuk mengetahui apa yang terjadi di balik perubahan siklus menstruasi kamu, pahami dulu faktor penyebabnya.

Penyebab Menstruasi Terlambat 1 Minggu

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan siklus menstruasi Anda berubah. Jika Anda mengalami telat menstruasi 1 minggu, beberapa kemungkinan yang dapat Anda  pikirkan adalah:

  • Kehamilan
    Seperti yang telah disebutkan di atas, terlambat menstruasi umumnya merupakan tanda awal bahwa Anda sedang hamil. Untuk memastikannya, Anda dapat menggunakan testpack di rumah atau memeriksakan diri ke dokter.
  • Menyusui
    Setelah melahirkan, dimulailah masa menyusui. Masa-masa ini sering kali menunda datangnya menstruasi pascamelahirkan.
  • Gaya hidup
    Olahraga berlebihan, sering merokok, dan stres berat juga dapat membuat siklus menstruasi Anda bermasalah, salah satunya adalah telat menstruasi.
  • Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup