Langkah Langkah Mempersiapkan Kehamilan

Views

Mempersiapkan kehamilan penting dilakukan sedini mungkin, yaitu segera setelah kamu berniat untuk memiliki anak. Hal ini penting dilakukan agar tubuhmu siap untuk hamil dan tetap sehat sepanjang 9 bulan kehamilan nanti. Selain itu, persiapan ini juga bertujuan agar bayi dapat dilahirkan dengan selamat, sehat, dan tidak kekurangan apapun.

Mempersiapkan Tubuh untuk Hamil

Untuk mempersiapkan diri menjalani kehamilan yang sehat, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Berkonsultasi ke dokter

Berkonsultasilah dengan dokter kandungan segera setelah kamu memutuskan untuk hamil. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama jika kamu berusia 30 tahun ke atas atau menderita penyakit tertentu. Konsultasi dengan dokter kandungan juga bisa dilakukan untuk memulai program hamil.

2. Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan bisa menambah risiko terjadinya komplikasi di masa kehamilan, seperti diabetes atau hipertensi. Sedangkan berat badan kurang bisa mempersulit kamu untuk hamil. Jika berat badanmu ideal, peluang untuk hamil pun akan makin besar.

Jadi, pastikan indeks masa tubuh (IMT) kamu tergolong normal saat mempersiapkan kehamilan. IMT yang normal untuk orang Asia adalah 18,5-22,9.

Cara menghitungnya, berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m)2. Sebagai contoh, perhitungan IMT untuk berat badan 60 kg dan tinggi badan 170 sentimeter (1,7 meter) adalah 60 / (1,7)² = 20,7. Nilai IMT ini termasuk dalam kategori normal.

3. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Mulailah memerhatikan jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhmu. Caranya:

  • Kurangi asupan berkalori tinggi tanpa nutrisi, mengandung pemanis buatan, atau mengandung kafein.
  • Konsumsilah makanan yang kaya protein, zat besi, asam folat, dan kalsium.
  • Konsumsi juga buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta produk susu rendah lemak.
  • Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup