Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Views

Kenaikan berat badan pada setiap ibu hamil tentu bisa berbeda-beda, hal ini tergantung pada berat badan Bumil sebelum mengandung. Namun normalnya, Bumil perlu menaikkan berat badan sekitar 11-15 kg selama kehamilan.

Jika sebelum hamil Bumil memiliki berat badan kurang atau underweight, maka saat hamil, Bumil perlu menaikkan berat badan sekitar 12-18 kg. Sedangkan jika sebelumnya memiliki berat badan berlebih atau overweight, disarankan untuk menaikkan berat badan sekitar  6-11 kg saat hamil.

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Standar kenaikan berat badan tersebut dibuat agar kesehatan Bumil dan janin dalam kandungan tetap terjaga. Sebab jika berat badan Bumil kurang, risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah cenderung meningkat.

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah, biasanya lebih rentan mengalami penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes di kemudian hari.

Begitu pun jika Bumil mengalami kelebihan berat badan. Risiko untuk mengalami keguguran, preeklamsia, dan melahirkan dengan proses caesar cenderung mengalami peningkatan.

Karena risiko tersebut tidak bisa disepelekan, Bumil perlu mengontrol kenaikan berat badan dengan baik. Caranya yaitu dengan menerapkan hal-hal berikut ini:

1. Makan dengan porsi yang kecil namun sering

Bumil sering makan dalam porsi besar? Ubah kebiasaan ini, yuk. Daripada makan dalam porsi yang besar, lebih baik makan dalam porsi kecil namun sering. Sebab, cara ini dapat mengurangi keinginan untuk makan dalam jumlah yang berlebih.

Selengkapnya Disini Ya

Comments

Signin Signup