Penyebab Sakit Pada Selangkangan Saat Hamil

263 Views

Meskipun cukup mengganggu kenyamanan, namun pada dasarnya sakit selangkangan saat hamil tidak berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil yang mengalami sakit selangkangan juga tetap memiliki kemungkinan untuk bisa melahirkan normal.

Penyebab Sakit Selangkangan pada Ibu Hamil

Selangkangan sakit saat hamil biasanya disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Saat hamil, tubuh memproduksi hormon relaksin yang berfungsi untuk membuat jaringan penyokong otot di sekitar panggul lebih relaks dan merenggang.  Perenggangan tersebutlah yang dapat memicu rasa sakit di selangkangan saat hamil.

Selain itu, sakit selangkangan saat hamil juga bisa disebabkan oleh bertambahnya ukuran dan berat bayi dalam kandungan, yang menyebabkan tulang panggul ibu hamil mengalami pelebaran.

Berbagai Cara Mengatasi Selangkangan Sakit saat Hamil

Keluhan selangkangan sakit saat hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun untuk meredakan rasa sakit dan tidak nyaman akibat kondisi ini, Bumil dapat melakukan beberapa cara berikut:

1. Rutin olahraga

Meskipun mungkin akan terasa sedikit nyeri, Bumil disarankan tetap melakukan olahraga. Salah satu pilihan olahraga yang bisa Bumil pilih adalah yoga. Olahraga ini bermanfaat menguatkan otot-otot selangkangan sehingga mengurangi rasa sakit yang Bumil rasakan.

Untuk mengetahui olahraga atau gerakan olahraga yang tepat dalam mengatasi sakit selangkangan saat hamil, Bumil bisa berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu.

2. Gunakan ikat pinggang khusus

Cara lain yang bisa Bumil lakukan untuk mengatasi sakit selangkangan adalah menggunakan ikat pinggang khusus untuk menyangga perut Bumil. Cara ini dapat mengurangi beban pada panggul Bumil, sehingga rasa sakit selangkangan pun ikut berkurang.

Selengkapnya disini ya

Comments

Signin Signup