Membuat Pemerah Bibir Alami Untuk Ibu Hamil

Views

Meski hanya menempel pada bagian bibir, lipstik bisa mengandung logam berat yang bisa berbahaya jika tertelan. Pada produk lipstik setidaknya ditemukan beberapa bahan logam berat, seperti alumunium, merkuri, mangan, kadmium, kromium, dan timbal. Berbagai logam berat ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan dalam jangka panjang. Selain logam berat, beberapa produk lipstik juga mengandung retinol, pewangi, hingga paraben.

Pengaruh Bahan Kimia Lipstik pada Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa efek samping bahan kimia lipstik terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya:

  • Kadmium
    Penelitian menunjukkan bahwa menelan logam kadmium dapat mengakibatkan penyakit ginjal, kanker paru-paru, kerusakan tulang, dan kerusakan sistem pernapasan pada ibu hamil. Sedangkan pada janin, kadmium dapat menyebabkan berat badan lahir rendah, serta memengaruhi pertumbuhan tulang dan otak, perilaku, hingga kemampuan belajarnya nanti.
    Risiko akan meningkat jika pemakaian dilakukan dalam jangka panjang. Namun, penelitian ini baru sebatas dilakukan terhadap hewan, jadi belum diketahui dengan jelas apakah bahan ini menimbulkan efek yang sama pada manusia.
  • Merkuri
    Paparan merkuri pada ibu hamil bisa terjadi melalui konsumsi makanan laut, seperti ikan dan kerang, atau bisa juga melalui pemakaian kosmetik, seperti pemerah bibir. Paparan merkuri dalam jumlah banyak dan sering, berpotensi menyebabkan cacat janin, gangguan saraf dan otak, serta masalah tumbuh kembang.
  • Timbal
    Risiko persalinan prematur atau keguguran akan meningkat jika ibu hamil terlalu banyak terpapar timbal. Janin juga berisiko mengalami gangguan dalam perkembangan sistem saraf, otak, dan ginjal.
  • Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup