Tips Mengatasi Rasa Pusing Saat Hamil

Views

Pusing saat hamil dapat terjadi akibat rendahnya tekanan darah dalam tubuh. Turunnya tekanan darah pada masa kehamilan disebabkan oleh aktivitas hormon progresteron saat hamil yang merelaksasi dan melebarkan dinding pembuluh darah

Berbagai Penyebab Pusing saat Hamil

Selain pada kehamilan trimester awal, pusing saat hamil juga bisa terjadi pada trimester kedua dan ketiga. Pada trimester kedua, pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim membuat tubuh memiliki darah dan cairan yang banyak. Hal ini akan meningkatkan tekanan darah sehingga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami sakit kepala dan pusing.

Sementara itu pada trimester ketiga kehamilan, pusing bisa diakibatkan oleh aliran darah berkurang akibat penekanan pembuluh darah oleh berat badan janin. Berat badan bayi akan menekan pembuluh darah di kaki, panggul, dan tubuh bagian bawah, terutama saat ibu hamil berbaring telentang sehingga tekanan darah menurun.

Pusing saat hamil di masa ini juga bisa timbul karena temperatur tubuh yang sedikit meningkat. Temperatur tubuh yang lebih panas adalah hal umum terjadi pada masa kehamilan mengingat pertumbuhan janin meningkatkan temperatur sang ibu.

Selain kondisi di atas, beberapa hal berikut juga bisa menyebabkan pusing saat hamil.

  • Melakukan perubahan posisi terlalu cepat

Seperti dari posisi duduk lalu berdiri. Kondisi ini bisa menyebabkan hipotensi postural, yaitu tidak cukupnya waktu bagi darah untuk mencapai otak akibat perubahan posisi yang dilakukan terlalu cepat.

  • Berbaring terlalu lama

Ibu hamil yang berbaring terlalu lama juga berisiko mengalami pusing. Sekitar satu dari 10  ibu hamil mengalami hal tersebut terkait rendahnya tekanan darah dalam tubuh.

Selengkapnya disini ya

Comments

Signin Signup