Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Views

Manfaat buah naga untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini bermanfaat untuk perkembangan janin. Faktanya, manfaat buah naga belum banyak diketahui masyarakat umum. Mari ketahui lebih lanjut manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Saat mengandung, seorang wanita tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri, namun juga kesehatan janin. Oleh karena itu, mengonsumsi banyak buah dan sayur sangat disarankan selama masa kehamilan. Salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil adalah buah naga.

Buah naga mengandung beragam nutrisi, antara lain vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi. Tidak mengherankan jika buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan, karena kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang masih meragukan bahkan takut saat mengonsumsi buah naga, padahal kandungan nutrisi dalam buah ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Berikut adalah manfaat buah naga untuk ibu hamil:

  • Sumber vitamin C
    Mengonsumsi vitamin C selama masa kehamilan sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Vitamin C dibutuhkan oleh janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, serta membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit dan pembuluh darah. Vitamin ini juga membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, Anda harus tetap bijak dalam mengonsumsi vitamin C. Kelebihan vitamin C selama kehamilan bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur.
  • Sumber karbohidrat
    Wanita hamil disarankan mengonsumsi 9 hingga 11 porsi makanan yang mengandung karbohidrat per hari. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi Anda dan membantu pertumbuhan janin. Anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat alami pada buah naga. Daging buah naga mengandung sekitar 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, Anda dapat mencoba makanan sumber karbohidrat tambahan dari nasi, roti gandum, sereal, dan sayuran.
  • Antioksidan
    Mengonsumsi antioksidan saat hamil bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin. Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan yaitu, betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Selain buah naga, Anda bisa mendapatkan antioksidan dari sayuran dan buah lain, seperti apel, pir, anggur, brokoli, asparagus, dan tomat.
  • Lanjutannya disni ya

Comments

Signin Signup