Manfaat Berenang Saat Hamil

Views

Berenang saat hamil sangat baik bagi kebugaran tubuh dan bermanfaat untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Bumil perhatikan sebelum berenang, agar olahraga ini dapat dilakukan dengan aman.

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Jika dilakukan dengan benar, olahraga ini cukup aman bagi ibu hamil. Berenang memungkinkan tubuh ibu hamil untuk bebas bergerak di dalam air, serta meminimalkan risiko ibu hamil terjatuh dan mencederai janin.

Beragam Manfaat Berenang saat Hamil

Ada banyak manfaat berenang saat hamil yang dapat Bumil peroleh, yaitu:

1. Melancarkan peredaran darah

Rutin berenang dapat melancarkan sirkulasi darah sekaligus memperkuat jantung. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dan oksigen ibu hamil dan janin dalam kandungan akan selalu tercukupi.

2. Menjaga berat badan

Berat badan meningkat saat hamil merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jangan sampai berat badan Bumil naik secara berlebihan, sebab hal tersebut dapat menyebabkan obesitas yang dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi selama kehamilan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, berenang bisa menjadi salah satu olahraga yang bisa Bumil pilih untuk menjaga berat badan tetap stabil.

3. Meringankan nyeri punggung

Sakit punggung merupakan salah satu keluhan yang kerap Bumil rasakan selama kehamilan. Hal ini terjadi karena tulang belakang harus menopang tubuh yang semakin berat karena pertumbuhan janin yang semakin besar.

Selengkapnya Disini Ya

Comments

Signin Signup