10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Views

Ketika Moms sedang hamil, penting bagi Anda memerhatikan asupan nutrisi. Sebab, Moms tidak hanya makan untuk diri sendiri, tetapi juga janin di dalam kandungan. Dengan asupan nutrisi yang baik, maka hal ini dapat membantu janin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pemenuhan nutrisi ini dilakukan dengan mengonsumsi beragam makanan sehat. Berbagai makanan ini juga bisa diolah dan memiliki rasa yang lezat. Terdapat 10 jenis makanan sehat yang bisa dinikmati ibu selama masa kehamilan, sebagai berikut:

1. Bayam

Salah satu sayur yang sangat baik dikonsumsi saat hamil adalah bayam. Dengan warna hijau yang cukup pekat, bayam menjadi sumber folat, zat besi, dan kalsium. Folat sendiri sangat penting selama kehamilan, karena dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida. Untuk mempertahankan nutrisi bayam, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara merebus atau menjadikannya jus segar.

2. Ikan

Ikan juga penting dikonsumsi selama hamil, terutama salmon dan tuna yang memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Anda bisa mengukus atau memanggang ikan hingga matang, dan dikonsumsi selagi hangat. Namun, beberapa jenis ikan seperti king makerel dan striped bass tidak boleh ibu hamil konsumsi karena memiliki kandungan merkuri yang berbahaya bagi kehamilan.

3. Sereal

Ternyata, mengonsumsi sereal saat sarapan menjadi makanan sehat untuk menjaga kehamilan. Sereal sendiri umumnya diperkaya vitamin dan zat besi yang baik untuk tubuh. Namun, perhatikan kadar gula, garam, dan lemak di dalamnya agar tidak mengganggu kesehatan saat hamil. Usahakan untuk memilih sereal tanpa pemanis atau perasa untuk Anda konsumsi.

4. Daging

Tak hanya ikan, daging juga memiliki kandungan zat besi yang lebih baik dibandingkan yang terdapat pada sayuran atau kacang-kacangan. Dengan meningkatkan kadar zat besi, Anda akan terhindar dari masalah seperti anemia hingga pendarahan pasca melahirkan.


Selengkaonya disini yaa

Comments

Signin Signup