Hasil Test Pack Positif Tetapi Tidak Hamil

Views

Bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan, pasti bahagia sekali rasanya saat hasil test pack menyatakan kamu positif hamil. Tetapi, kamu perlu ingat bahwa hasil ini belum tentu 100% akurat lho.

Test pack adalah alat tes kehamilan yang dijual bebas dan dapat digunakan secara mandiri. Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang kadarnya meningkat selama kehamilan.

Sebagian besar produsen test pack memiliki kemampuan deteksi kehamilan yang 90% akurat. Artinya, meski memiliki tingkat akurasi yang tinggi, tapi ada kemungkinan terjadi kesalahan hasil yang bisa disebabkan berbagai faktor.

Memahami Hormon hCG untuk Mendeteksi Kehamilan

Hormon hCG diproduksi plasenta beberapa saat setelah sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim. Selain di dalam urine, hormon ini juga bisa ditemukan di dalam darah.

Hasil test pack yang positif menandakan bahwa alat ini mendeteksi keberadaan hormon hCG di dalam sampel yang diperiksa, yaitu urine. Namun, keberadaan hormon ini ternyata tidak serta merta menandakan kehamilan.

Hasil Test Pack Positif tanpa Adanya Kehamilan

Berikut ini adalah beberapa penyebab hormon hCG ditemukan dalam urine dan darah tanpa adanya kehamilan:

1. Kehamilan kimiawi

Kehamilan kimiawi terjadi ketika embrio atau sel telur yang sudah dibuahi tidak dapat tertanam dengan baik atau berkembang. Inilah yang memungkinkan test pack sempat mendeteksi hormon hCG yang dihasilkan di awal kehamilan. Kondisi ini sebenarnya sangat umum terjadi, tetapi sering tidak disadari.

Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup