Cara Menggunakan Testpack Untuk Tes Kehamilan

Views

Saat ini, Anda bisa mengetahui kehamilan secara cepat dan praktis menggunakan alat uji kehamilan berbentuk stik atau testpack. Tes kehamilan menggunakan testpack bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan saat baru satu hari terlambat haid. Cara menggunakannya pun sangat mudah.

Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Testpack bekerja dengan cara mendeteksi hCG alias human chorionic gonadotropin di dalam urine. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Saat hamil, produksi hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan terjadi.

Jenis-jenis Testpack

Terdapat dua jenis testpack untuk mendeteksi kehamilan, yaitu yang menggunakan sampel urine dan yang menggunakan sampel darah.

  • Sampel urine
    Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik, selama dilakukan dengan benar.
    Secara teknis pemakaian, terdapat berbagai macam testpack urine,yaitu testpack celup, testpack tetes, dan testpack yang diletakkan pada aliran urine. Testpack ada yang sebaiknya digunakan saat pagi hari dan ada juga yang bisa digunakan kapanpun, tergantung sensitivitasnya.
  • Sampel darah
    Tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal.
    Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandingkan melakukan tes urine dengan testpack. Tes kehamilan yang memakai sampel darah ada dua macam, yaitu tes darah hCG kualitatif dan tes darah hCG kuantitatif.
  • Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup