Beragam Risiko Kehamilan Di Atas Usia 30 Tahun

Views

Hal ini karena tiap wanita lahir dengan jumlah sel telur yang terbatas. Semakin bertambahnya umur, maka akan semakin berkurang kualitas dan jumlah sel telur. Selain itu, sel telur pada wanita dengan usia lebih tua juga lebih sulit dibuahi dibandingkan pada wanita yang berusia lebih muda. Kehamilan pada wanita berusia di atas 30 tahun juga lebih berisiko mengalami gangguan. Memahami apa saja risiko kehamilan di atas usia 30 tahun akan membantu Anda menjalani kehamilan yang sehat.

Beragam Risiko Kehamilan di Atas Usia 30 Tahun

Di awal usia 30 tahun, kesempatan untuk memiliki keturunan sedikit berkurang atau wanita akal lebih susah hamil dibandingkan usia akhir 20-an. Kesempatan ini akan menurun lagi setelah wanita berusia 35 tahun ke atas.

Bukan hanya itu, ada beberapa risiko lain bagi seorang wanita di atas usia 30 tahun yang berusaha mendapatkan keturunan, yaitu:

  • Secara perlahan-lahan, risiko keguguran dan kehamilan ektopik (saat embrio tumbuh di luar rahim) akan meningkat, terutama pada wanita di atas usia 35 tahun dan akan lebih berisiko pada usia awal 40-an tahun.
  • Peningkatan usia terkait dengan risiko timbulnya gangguan genetik pada janin, sehingga membutuhkan pemeriksaan berkala untuk mendeteksi kemungkinan adanya Kehamilan pada usia di atas 30 tahun lebih berisiko melahirkan bayi dengan kelainan kromosom, seperti sindrom Down.
  • Tingkat persalinan caesar lebih tinggi pada wanita yang berusia di atas 35 tahun dibandingkan mereka yang menjalani persalinan di usia 20-an tahun. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan kegawatan janin ataupun persalinan macet pada ibu berusia di atas 30-an akan meningkat, disebabkan otot rahim tak lagi cukup elastis.
  • Lebih berisiko mengalami diabetes gestasional. Jika tidak ditangani dengan tepat, bayi akan tumbuh lebih besar dibandingkan ukuran pada umumnya. Kondisi ini dapat membuat persalinan menjadi lebih sulit dan berisiko.
  • Selain lebih susah hamil, wanita hamil di atas 30 tahun lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi saat hamil yang dapat menimbulkan komplikasi.
  • Lanjutannya disini ya

 

Comments

Signin Signup