Tips Memilih Jenis Asuransi Jiwa Terbaik

Views

Asuransi, istilah ini cukup ramah kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan zaman yang disertai kemajuan di bidang pendidikan membuat sebagian orang sadar akan pentingnya asuransi bagi kehidupan mereka. Manfaat asuransi rata-rata menekankan pada keamanan atau perlindungan klien terhadap adanya risiko yang bisa memberi dampak buruk terhadap keuangan.

Tak ayal, perusahaan-perusahaan asuransi berinovasi dalam memasarkan produk-produk terbaru mereka. Beberapa klien terkadang mengeluh karena produk asuransi tidak sesuai yang mereka harapkan.

Kejadian tersebut tidak sepenuhnya kesalahan dari perusahaan asuransi. Bisa jadi klien sendiri tidak mengerti tentang produk asuransi perusahaan tersebut. Ada dua produk asuransi yang umumnya sering ditawarkan. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya.

Asuransi Jiwa dan Asuransi Umum

Di Indonesia terdapat lebih dari 300 perusahaan penyedia asuransi. Penting bagi Anda untuk mengetahui lebih detail tentang produk asuransi yang ditawarkan. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai asuransi jiwa dan asuransi umum beserta kelebihan dan kekurangannya.

  1. Asuransi Jiwa

Produk asuransi yang satu ini berfokus pada perlindungan klien atau nasabah. Jika suatu waktu klien meninggal (diakibatkan adanya kecelakaan atau masalah kesehatan), pihak keluarga akan menerima sejumlah biaya yang sesuai dengan skema tanggungan pada awal kesepakatan.

Asuransi jiwa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

  1. a) Asuransi Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi jiwa ini memberikan perlindungan hingga usia klien mencapai 99 tahun. Keunggulan asuransi ini berada pada nominal tunai yang terus bertambah sekalipun masa pembayaran premi telah usai atau habis.

  1. b) Asuransi Berjangka (Term Life)

Satu-satunya asuransi yang tidak memiliki nominal tunai dan memiliki tenggat waktu tahunan. Kekurangannya, uang premi tidak dapat diambil jika periodenya habis. Selain itu, asuransi berjangka merupakan satu-satunya yang tidak memiliki fitur tabungan dibandingkan tiga jenis asuransi jiwa lainnya.

Meskipun demikian, asuransi berjangka memiliki keunggulan, yaitu:

  • Premi yang Terjangkau
  • Akibat sifat premi yang dapat hangus, harga asuransi ini sangat terjangkau.
  • Nominal Pertanggungan yang Dibayarkan Cukup Besar

Comments

Signin Signup