Perubahan Bentuk Payudara Yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Views

Perubahan hormon pada trimester pertama kehamilan membuat aliran darah meningkat dan mengubah jaringan pada payudara. Hasilnya mungkin payudara Anda akan terasa nyeri, geli, bengkak, dan sensitif jika disentuh. Rasa tersebut sama seperti kondisi payudara sebelum menstruasi (sindrom pra menstruasi) yang terjadi pada beberapa wanita. Kondisi tersebut biasanya mulai terasa sekitar empat hingga enam minggu usia kehamilan dan bertahan selama trimester pertama kehamilan.

Payudara pun akan mulai terlihat membesar. Pada umumnya, ukuran payudara membesar satu hingga dua cup, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Anda. Garis-garis stretch mark dan rasa gatal pada payudara akan muncul seiring melebarnya kulit. Kondisi tersebut biasa terjadi sekitar enam hingga delapan minggu usia kehamilan.

Perubahan pada trimester kedua kehamilan (minggu ke-13 hingga ke-26)

Pada trimester kedua kehamilan, payudara akan bertambah besar dan berat. Perubahan tersebut membuat pembuluh darah yang berada di bawah kulit menjadi tampak lebih jelas. Warna puting dan area di sekitar puting  berubah menjadi lebih gelap dan melebar. Anda mungkin juga akan mendapati benjolan-benjolan kecil di sekitar puting.

Sekitar minggu ke-14 hingga 26 kehamilan, jangan kaget jika melihat ada cairan berwarna kekuning-kuningan keluar dari puting Anda. Cairan penuh nutrisi itu disebut cairan kolostrum, yaitu cairan yang dihasilkan oleh payudara sebagai tanda tubuh sedang bersiap-siap untuk memberikan ASI.

Perubahan pada trimester ketiga kehamilan (minggu ke-27 hingga akhir kehamilan)

Pada trimester ketiga kehamilan, terutama di minggu-minggu terakhir, puting dan payudara terus membesar seiring meningkatnya produksi ASI. Lanjut disini yaa


Comments

Signin Signup