Merawat Dan Menjaga Kesehatan Mental

Views

Kesehatan mental adalah hal yang mendasar bagi kemampuan manusia untuk berpikir, berkembang, berekspresi, berinteraksi, mencari nafkah, serta menikmati hidup. Inilah alasan mengapa kamu perlu mengenali dan menjaga kesehatan mentalmu.

Di samping itu, WHO juga menjelaskan bahwa seseorang yang sehat secara mental mampu menyadari kesanggupannya, menangani stres dalam kehidupan sehari-hari, bekerja dengan produktif, serta dapat berkontribusi untuk sekitarnya. Jika kamu tidak dapat melakukan hal-hal tersebut, ada kemungkinan kesehatan mentalmu mengalami gangguan.

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang, di antaranya adalah riwayat gangguan mental dalam keluarga, pengalaman hidup, gaya hidup sehari-hari, riwayat penyakit yang diderita, serta beban pikiran. Hal ini menerangkan bahwa kesehatan mental dipengaruhi oleh faktor sosial, psikologis, dan biologis.

Riwayat kekerasan, baik secara fisik maupun verbal, serta tuntutan sosial ekonomi merupakan hal-hal yang kerap menjadi pencetus terjadinya gangguan pada kesehatan mental.

Pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, tempat kerja yang penuh tekanan, beban ekonomi keluarga, tingginya standar sosial, diskriminasi gender, stigma sosial, dan pola hidup yang tidak sehat, merupakan beberapa contoh hal yang berkaitan dengan buruknya kesehatan mental seseorang. Lanjut disini ya

Comments

Signin Signup