Mengenal Fotografi Bareng Om Arbain Rambey (2)

708 Views
Waktu berjalan cepat, acara Arbain sedikit mulur dari jadwal yang sudah ditentukan. Tema yang coba Om Arbain sampaikan adalah Belajar Fotografi, Cara Pakai Kamera dan Pahami Bahasa Gambar.

Yang saya suka dari Om AR (Arbain Rambey) adalah cara dia menjelaskan Teknik Fotografi sederhana dan mudah untuk dipraktikan. Tidak melulu membahas teknik-teknik rumit seperti bukaan berapa, F berapa, apalah..apalah. tetapi lebih kepada penyederhanaan dan praktik sederhananya.

Om Arbain Rambey sendiri lahir di Semarang pada tanggal 2 Juni 1961, ia menegaskan agar memahami Bahasa gambar. Forografi adalah rekaman visual dua dimensi dari realitas 4 dimensi (3 dimensi plus rasa) 


Pahami juga bahwa Jenis Motret terdiri dari 4 yaitu: Memotret Manusia, Memotret Benda Statis, Memotret Landskap dan Memotret Acara.

Untuk Landskap sendiri kuncinya adalah pagi hari (untuk pengambilan gambarnya) dan ini tidak bisa ditawar-tawar, ingat pagi hari itu tidak boleh lebih dari jam 8 pagi (agar hasilnya maksimal). 

Om AR juga berpesan bahwa dalam fotografi tidak ada yang asli, yang ada hanya remake. Kita yang harus jeli cerdas dan kreatif untuk melihat sisi lain dalam pengambilan sebuah gambar.  Hal lainnya adalah kuasai pakem-pakem dalam fotografi tapi kalau ada job coba keluar pakem, syukur-syukur menjadi trendsetter, kalau salah ya sudah balik lagi ke pakem. 


Comments

Signin Signup