Kunci Sukses Agar Hamil Sehat

Views

Kehamilan sehat bisa dimulai dengan merawat diri sendiri secara fisik dan emosional. Dengan menjalankan gaya hidup dan mengembangkan pola pikir sehat, Anda akan terbebas dari masalah selama kehamilan, Hamil sehat bisa dicapai dengan cara sebagai berikut.

Konsultasi dengan Dokter atau Bidan

Berkonsultasilah dengan dokter atau bidan segera setelah mengetahui Anda mengandung. Hal ini penting dilakukan agar dokter/bidan dan Anda dapat mempersiapkan apa saja yang perlu dilakukan selama masa kehamilan dan menjelang persalinan. Artinya, Anda akan mendapatkan saran untuk menjalani hamil sehat sejak awal. Dengan rutin menjalani pemeriksaan kehamilan, dokter dapat mengantisipasi kemungkinan apa saja yang dapat terjadi selama kehamilan dan menyarankan langkah perawatan hamil sehat dan metode persalinan terbaik untuk Anda dan bayi.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Agar bisa menjalani hamil sehat, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, seperti karbohidrat (roti, pasta, nasi), buah dan sayuran, sumber protein (daging, telur, kacang-kacangan, ikan, produk olahan susu), vitamin, dan mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan folat. Untuk menunjang hamil sehat, dibutuhkan 300 kalori ekstra dalam 6 bulan pertama kehamilan. Anda bisa menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi vitamin prenatal sesuai dosis yang dianjurkan dokter.

Selain itu, hindari telur dan daging mentah atau kurang matang, produk olahan susu dan jus yang tidak dipasteurisasi, serta makanan laut mentah agar terhindar dari bakteri yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan. Hindari juga jenis ikan tertentu yang mengandung tinggi merkuri. Disarankan pula untuk mengurangi minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, kola, minuman bersoda). Ibu hamil disarankan untuk membatasi konsumsi kafein hanya sebanyak 200 mg (setara 2 cangkir kopi) per hari. Selama hamil, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup