Dampak Putus Cinta Terhadap Kesehatan

Views

Meski tidak terlihat secara kasatmata dan merupakan kejadian nonfisik, bukan berarti luka hati tidak berpengaruh kepada tubuh seseorang. Inilah beberapa dampak negatif luka hati bagi fisik yang mungkin muncul:

  • Dada terasa sakit

Salah satu efek buruk luka hati bagi kesehatan yang mungkin muncul adalah sakit dada. Menurut penelitian, lokasi otak yang dipengaruhi efek perasaan hati ini sama dengan lokasi ketika seseorang sedang sakit.

Saat seseorang mengalami luka hati, sistem saraf tubuh akan bereaksi terhadap perasaan emosional yang dirasakan. Akibatnya, tubuh mengalami rasa tidak nyaman seperti munculnya rasa sakit di dada. Pada sebagian orang, luka hati ini bahkan dapat memunculkan keluhan yang mirip dengan serangan jantung. Kondisi ini disebut sindrom patah hati.

  • Depresi dan kecemasan

Efek buruk yang mungkin muncul terkait luka hati, antara lain terjadinya penurunan motivasi, ketidakstabilan berat badan, keinginan untuk makan berlebihan atau justru tidak ada nafsu makan, sakit kepala, sakit perut, atau menurunnya kondisi kesehatan secara umum.

Lanjut disini yaa

Comments

Signin Signup