Berbagai Macam Cara Untuk Memilih Asuransi Terbaik

Views

RBC: Seberapa Sehat Perusahaan Asuransi?

Risk Based Capital (RBC) digunakan untuk mengukur seberapa aman finansial perusahaan asuransi atau seberapa sehat perusahaan asuransi. Sehat atau sakitnya kondisi finansial perusahaan asuransi tercermin dari besar atau kecilnya rasio RBC. Perusahaan asuransi yang sehat biasanya rasio RBC-nya besar.

Bagaimana Rasio Likuiditas Perusahaan Asuransi?

Seberapa mampu perusahaan asuransi untuk mengelola keuangan dengan baik dan seberapa mampu dalam memenuhi kewajiban semisal utang tergantung dari rasio likuiditas. Tingginya rasio likuiditas menandakan kondisi keuangan berada dalam kondisi baik.

Seberapa Besar Dana Jaminan untuk Melindungi Nasabah Asuransi?

Dikutip dari OJK, Dana Jaminan merupakan aset perusahaan asuransi yang digunakan sebagai jaminan terakhir dalam rangka melindungi kepentingan para pemegang polis, tertanggung, atau peserta. Mengenai Dana Jaminan ini, sudah ada aturannya: UU No. 40 Tahun 2014 dan Peraturan OJK No. 71/POJK.05//2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Investasi/Cadangan Teknis Plus Utang Klaim

Digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya kepada pemegang polis dalam jangka panjang. Angka 100% menjadi tolok ukur untuk mengetahui investasi/cadangan teknis plus utang klaim. Sama dengan atau lebih dari 100% sudah termasuk kategori terbaik.

Aktiva Tetap/Modal Sendiri

Sejauh mana efisiensi perusahaan asuransi bisa diketahui dari aktiva tetap perusahaan asuransi tersebut. Tidak lebih dari 25% merupakan angka terbaik untuk perusahaan asuransi berkinerja baik.

Selengkapnya disini ya

Comments

Signin Signup