Waspadai Makanan Yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Views

bu hamil perlu memerhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsinya, termasuk mengetahui makanan berbahaya yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Hal ini karena setiap makanan yang ibu hamil konsumsi, akan berpengaruh terhadap kesehatan janin dalam kandungan.

Waspadai Makanan yang Telah Terkontaminasi

Makanan yang ibu hamil konsumsi bisa menjadi berbahaya jika sudah terkontaminasi bakteri dan parasit, seperti:

Listeria monocytogenes

Listeria monocytogenes merupakan bakteri yang dapat ditemukan pada tanah dan air. Bakteri ini dapat mengontaminasi tanaman dan hewan, sehingga ibu hamil harus memastikan bahwa buah, sayur, dan daging yang dikonsumsi benar-benar terjaga kebersihannya dengan baik.
Apabila ibu hamil terinfeksi bakteri ini (listeriosis), gejala yang dapat dirasakan seperti demam, kelelahan, nyeri otot, dan sakit tenggorokan. Infeksi listeriosis pada ibu hamil terbilang berbahaya, karena bakteri ini dapat dengan mudah masuk ke dalam plasenta, sehingga terdapat kemungkinan untuk mengancam kelangsungan hidup bayi dalam kandungan. Bayi berisiko untuk lahir prematur, meninggal dalam kandungan, dan keguguran.

Toxoplasma gondii

Toxoplasma gondii merupakan parasit yang menyebabkan infeksi toxoplasmosis. Infeksi ini dapat terjadi jika ibu hamil mengonsumsi daging kurang matang yang telah terkontaminasi parasit toxoplasma gondii. Selain itu, paparan kotoran kucing yang telah terinfeksi parasit toxoplasma gondii juga dapat membuat ibu hamil terinfeksi toxoplasmosis.
Gejala dari infeksi ini dapat berupa lelah, demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, dan nyeri otot. Toxoplasmosis dapat mengakibatkan keguguran atau bayi meninggal dalam kandungan. Untuk bayi yang lahir setelah terkena infeksi ini dalam kandungan, ada kemungkinan  bayi menderita kondisi serius seperti infeksi mata, penyakit kuning, kejang-kejang, hingga mengalami pembesaran hati dan limpa. 

Selengkapnya disini ya

Comments

Signin Signup