Tips Mengusir Kecemasan Saat Hamil

Views

Merasa khawatir atau cemas selama kehamilan adalah hal yang wajar. Meski begitu, ada beberapa tanda yang harus Bumil waspadai, yaitu sulit mengontrol perasaan khawatir, sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, sulit tidur, serta otot-otot tubuh terasa tegang.

Rasa cemas yang tidak terkendali dapat berkembang menjadi serangan panik. Ketika muncul serangan ini, Bunda dapat mengalami kesulitan bernapas dan merasa sesuatu yang buruk akan terjadi.

Tips Mengusir Kecemasan Saat Hamil

Menjaga suasana hati tetap stabil selama kehamilan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh para ibu hamil. Pasalnya, rasa cemas yang muncul selama kehamilan dapat berdampak buruk pada kesehatan janin dalam kandungan.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, Bumil bisa melakukan tips-tips berikut ini untuk mengusir kecemasan selama hamil:

1. Bicarakanlah

Berbagi perasaan dan ketakutan merupakan hal yang melegakan. Cobalah ceritakan hal-hal yang kerap membuat Bumil cemas kepada pasangan atau orang terdekat. Selain itu, Bumil juga bisa membicarakannya dengan sesama ibu hamil untuk saling bertukar pengalaman.

Apabila masih juga belum merasa lega, temui dokter dan jelaskan rasa cemas yang sedang Bumil alami. Dokter akan memberikan solusi untuk membantu menenangkan pikiran dan perasaan Bumil.

2. Berolahraga 

Berolahraga bisa membantu mengurangi rasa cemas selama kehamilan dan memperbaiki suasana hati (mood). Tidak perlu melakukan olahraga yang sulit, kok. Cukup lakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, berenang, atau yoga hamil (prenatal yoga).

3. Atur waktu berangkat dan pulang kerja 

Jika Bumil bekerja, cobalah siasati waktu berangkat dan pulang kerja. Pasalnya, jarak dan durasi perjalanan bisa menjadi pemicu stres, apalagi saat kehamilan sudah semakin besar. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup