Rehabilitasi Lahan Sekitar DAS Citarum Melalui Penanaman Pohon

Views

Rehabilitasi Lahan Sekitar DAS Citarum Melalui Penanaman Pohon



BANDUNG – Kepala BNPB Doni Monardo dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily memantau beberapa titik di kawasan Jawa Barat dengan menggunakan helikopter pada Sabtu (22/2). Di samping pemantauan udara, mereka berkunjung ke Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat untuk melihat kondisi rehabilitasi lahan.

Kawasan sekitar daerah aliran sungai (DAS) di Jawa Barat, khususnya Sungai Citarum, menjadi salah satu perhatian BNPB mengingat bencana banjir sering melanda beberapa kecamatan. Kecamatan yang sering dilanda bencana hidrometeorologi ini seperti Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, Bojongsoang dan Majalaya. Salah satu pemicu terjadinya banjir yaitu konversi lahan di hulu Sungai Citarum. Rehabilitasi atau upaya penanganan sudah dilakukan sejak dua tahun lalu oleh Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum di bawah pimpinan Doni Monardo, dengan melakukan penanaman pohon.

Doni yang juga didampingi pejabat BNPB, di antaranya Plt. Deputi Bidang Penanganan Darurat Dody Ruswandi, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Agus Wibowo dan tenaga ahli Komarudin melakukan peninjauan kebun Pos Sektor 1 Satgas Citarum Harum di Desa Tarumajaya. Mereka ingin melihat perkembangan penanaman maupun pembibitan pohon untuk merehabilitasi lahan. Baca Selengkapnya.
https://kaksumiyati.blogspot.com/2020/02/rehabilitasi-lahan-sekitar-das-citarum.html?m=1

Comments

Signin Signup