Persalinan Normal Setelah Operasi Caesar

Views

Kapan waktu terbaik untuk hamil kembali setelah operasi caesar? Secara umum, baik perempuan yang melahirkan normal maupun dengan operasi caesar dianjurkan untuk menunggu minimal 18 bulan dan tidak lebih dari 5 tahun setelah bersalin untuk menghindari risiko terjadinya masalah pada kehamilan selanjutnya.

Bunda bisa menggunakan berbagai macam tipe kontrasepsi untuk menunda kehamilan, seperti pil KB, suntik KB, KB implan, dan KB spiral atau IUD (intrauterine device).

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan selama Menunda Kehamilan

Selama menunda kehamilan, Bunda tentunya perlu mempersiapkan kesehatan tubuh untuk kehamilan selanjutnya dengan menjalani pola hidup sehat. Contoh hal yang bisa Bunda lakukan adalah:

1. Menjaga berat badan ideal

Setelah melahirkan, Bunda dianjurkan untuk mengurangi berat badan hingga mencapai indeks massa tubuh (IMT) ideal dalam waktu 6-12 bulan setelah bersalin. Caranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga.

2. Mencukupi asupan asam folat

Bunda juga disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap hari, setidaknya sejak 1 bulan sebelum merencanakan untuk hamil kembali. Konsumsi asam folat terus dilanjutkan selama kehamilan. Asam folat memiliki manfaat mencegah cacat lahir pada otak, saraf, dan tulang belakang bayi.

3. Menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol

Ibu yang memiliki kebiasan merokok maupun menggunakan alat-alat yang mengandung nikotin, seperti nicotine patch atau vape, perlu segera menghentikan kebiasaan tersebut untuk mengurangi risiko terjadinya masalah di kehamilan selanjutnya. Selain merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga perlu dihentikan.


Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup