Perkembangan Microbiologi Dari Dulu Hingga Sekarang

Views

Sejarah perkembangan mikrobiologi ini sebelum ilmu pengetahuan dibedakan menjadi empat periode. Periode pertama, mulai dari terbukanya rahasia dunia tentang mikroorganisme melewati pengamatan yang dilakukan oleh Leeuwenhoek di tahun 1675. Hal ini memicu rasa keinginantauan di sejumlah kalangan para ilmuwan tentang asal mula sebuah kehidupan. Namun, kurang lebih di pertengahan tahun 1860an, pada saat teori dari generatio spontanea membuktikan ketidakbenarannya serta prinsip biogenesis sekarang sudah dapat diterima, pengetahuan tentang mikroorganisme sifatnya menjadi tidak spekulatif semata-mata lagi.

Selama periode selanjutnya antara tahun 1860 serta tahun 1900, banyak yang melaksanakan berbagai penemuan dasar penting. Perkembangan teori nutfah tentang panyakit pada tahun1876, hal ini tiba-tiba telah menimbulkan minat pada prosedur laboratoris guna mengisolasi dan mencirikan sebuah mikroorganisme. Pada periode ini ada penemuan banyak mikroorganisme penyebab dari penyakit dan beberapa metode untuk mencegah serta mendiagnosis dan juga mengobati berbagai penyakit tersebut.

Penemuan-penemuan dalam bidang mikrobiologi kedokteran menghasilkan perombakan yang besar dan juga cepat dalam praktik kedokteran. Periode tahun terakhir 1910an-sekarang banyak ditandai dengan dipergunakannya metode banyak serta peralatan mutakhir, misalnya seperti mikroskop elektron dan juga komputer.

Penemuan Animalculus

Leeuwenhoek (1633-1723) adalah seorang ilmuan pertama yang mengungkap mikroba. Melalui mikrosop sangat sederhana dia menganalisis struktur mikroskopis pada biji, jaringan tumbuhan dan invertebrata kecil. Dari studinya tersebut dia mengungkap adanya dunia mikroba yang disebut Animalculus. Animalculus adalah jenis-jenis mikroba seperti protozoa, algae, khamir, dan bakteri.

Teori dan Pendapat

  • Teori Abiogenesis

Animalculus timbul dengan sendirinya dari bahan-bahan mati. Teori Biogenesis : animalculus terbentuk dari “benih” animalculus yang selalu berada di udara.

  • Francesco Redi (1626-1697) 

Ulat tidak secara spontan berkembang dari daging, belatung pada daging busuk berasal dari telur lalat bukan berasal dari daging itu sendiri.

  • Lazzaro Spallanzani (1729-1799)

Mikroba tidak muncul dengan sendirinya.

  • Louis Pasteur (1822-1895)

Cara pembebasan cairan dan bahan-bahan dari mikrobia, yang sekarang dikenal sebagai pasteurisasi (pematian dengan uap air panas) dan sterilisasi (pematian dengan pemanasan dan tekanan tinggi) serta udara mengandung mikrobia yang pembagiannya tidak merata. Selengkapnya disini ya

Comments

Signin Signup