Nyeri Pada Tulang Rusuk Saat Hamil

Views

Memasuki trimester ketiga, berat badan Bumil dan janin biasanya akan terus meningkat. Seiring dengan pertambahan berat dan usia kehamilan, Bumil bisa saja mengalami rasa nyeri pada tulang rusuk. Untuk mengatasinya, simak tips dalam artikel ini.

Trimester terakhir dimulai dari minggu ke-28 kehamilan. Saat ini, kepala janin mungkin sudah mulai menuju ke bawah untuk mencari jalan lahir. Selain itu, janin biasanya akan semakin aktif bergerak, menendang, dan meregangkan tubuhnya.

Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri

Ketika hamil, rongga tulang rusuk biasanya akan semakin melebar. Hal ini bertujuan untuk memberi ruang bagi paru-paru Bumil agar pertukaran udara tidak sulit dilakukan.

Lalu, sebenarnya apa sih yang menyebabkan tulang rusuk sakit saat hamil? Berikut penjelasannya:

1. Hormon

Saat hamil, hormon progesteron dan relaksin akan membantu mengendurkan dan melonggarkan otot dan ligamen di tubuh Bumil, namun hal ini juga bisa meningkatkan risiko munculnya rasa nyeri di beberapa bagian tubuh Bumil, termasuk tulang rusuk.

2. Tendangan janin

Biasanya, pertambahan berat dan besar janin akan membuat tendangannya semakin kuat. Tendangan dan gerakan yang semakin kuat dan sering ini juga dapat menyebabkan tulang rusuk Bumil terasa nyeri.

Lanjutannya disini yaa

Comments

Signin Signup