Mengenal Parkinson Lebih Dekat !!

923 Views
Jadi gini gaes, kamis besok Blogger bikin acara positif. Bukan hanya berkenalan dengan sosok dokternya tapi sekaligus di edukasi mengenai penyakit Parkinson.

Jadi sebelum hadir, minimal udah punya pegangan dikit mengenai yang akan dibahas besok.

Apa itu Parkinson?
Penyakit Parkinson adalah suatu penyakit saraf yang memburuk secara bertahap dan memengaruhi bagian otak yang berfungsi melakukan koordinasi gerakan tubuh. Akibatnya,penderita kesulitan mengatur gerakan tubuh, termasuk saat berbicara, berjalan, dan menulis.

Penyakit Parkinson sendiri terbagi menjadi 5 tingkatan (stadium):
Stadium 1. Pada stadium 1, gejala penyakit Parkinson tergolong ringan dan tidak mengganggu aktivitas penderita.
Stadium 2. Jangka waktu perkembangan penyakit Parkinson dari stadium 1 ke stadium 2 berbeda pada tiap penderita, dapat berlangsung dalam hitungan bulan atau tahun. Pada tahap ini, gejala mulai terlihat.
Stadium 3. Penyakit Parkinson stadium 3 ditandai dengan gejala yang makin jelas terlihat. Gerak tubuh mulai melambat, dan mulai mengganggu aktivitas penderita.
Stadium 4. Pada tahap ini, penderita mulai kesulitan berdiri atau berjalan. Gerak tubuh penderita akan semakin melambat, sehingga membutuhkan bantuan orang lain untuk menunjang aktivitasnya.
Stadium 5. Penyakit Parkinson stadium 5 dapat membuat penderita sulit atau bahkan tidak bisa berdiri sama sekali. Penderita juga dapat mengalami waham (delusi) dan halusinasi.

Comments

Signin Signup