Mari Cegah Penyakit Hati Dari Sekarang

653 Views

Saat seseorang mengalami penyakit hati, maka dapat terjadi gangguan sistem pengeluaran racun dari dalam tubuh. Sebab, hati atau liver memiliki peran penting menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh yang masuk bersama makanan dan minuman. Hati juga berperan dalam pencernaan dengan memproduksi cairan empedu yang berfungsi membantu memecah lemak dari makanan, serta menyimpan glukosa sebagai cadangan energi bagi tubuh.

Penyebab Penyakit Hati

Tanpa disadari, banyak kebiasaan sehari-sehari yang dapat memicu terjadinya gangguan pada hati ataupun penyakit hati. Kebiasaan-kebiasaan dan pola hidup tersebut di antaranya:

  • Terlalu banyak mengonsumsi gula

Hati membutuhkan fruktosa, yaitu salah satu jenis gula, untuk memproduksi lemak. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi gula olahan dan pemanis buatan dari sari pati jagung dengan kadar fruktosa tinggi, maka dapat menyebabkan penumpukan yang berisiko menyebabkan penyakit hati, bahkan pada orang yang tidak memiliki kelebihan berat badan sekalipun. Jenis gula ini umumnya terdapat pada minuman soda, permen, dan kue manis. Penelitian menemukan, bahaya akibat terlalu banyak mengonsumsi gula setara dengan bahaya akibat konsumsi minuman keras.

  • Mengonsumsi Minuman Bersoda

Orang yang mengonsumsi minuman bersoda lebih berisiko untuk terkena perlemakan hati non-alkohol. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan untuk membatasi konsumsi minuman bersoda.


Comments

Signin Signup