Masyarakat Desa Daru Sambut Gembira Kades Daru H. Ayo Suharyo

79 Views
Sertijab 6 Kades Terpilih di Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten

Penulis : M. Sobari 

Setelah pelatikan 153 Kades se-Kabupaten Tangerang oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar pada hari Selasa yang lalu (10/12/2019) masih di bulan Desember 2019 sambil menanti Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang pada 27 Desember 2019 yang merupakan terakhir dirayakan dan akan dirubah menjadi tanggal 13 Oktober untuk perayaan berikutnya sesuai keputusan rapat DPRD berdasarkan sejarah Tangerang masa lalu yang sudah berdiri pada tahun 1623.



Pada hari Selasa (24/12/2019) sebagai hari yang bersejarah dimana pelaksanaan Sertijab  (Serah Terima Jabatan) Pejabat Kepala Desa kepada 6 Desa di wilayah Kecamatan Jambe dilaksanakan serempak di GOR Kecamatan Jambe yang akan disaksikan oleh Camat Jambe, Drs.  H. Heru Ultari serta tamu undangan dari berbagai pihat terkait yang berada di Kecamatan Jambe yang pelaksanaannya tepat jam 09.00 WIB s/d selesai.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tangerang Nomor 112/Kep 1118-Huk/2019 Tanggal 9 Desember 2019 Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih Jambe, Tipar Raya, Ancor Pasir, Daru, Taban dan Sukamanah.



Masyarakat Desa Daru menyambut gembira pelaksanaan Sertijab ini yang dilakukan dengan cepat sehingga pelaksanaan birokrasi di pemerintahan desa dapat berjalan dengan lancar.  Lokasi Kantor Desa Daru yang berdekatan dengan Stasiun KRL (Kereta Rel Listrik)  sangat strategis bagi warga Desa Daru untuk mobilisasi ke berbagai lokasi dengan murah, masal dan nyaman. 

Salah satu warga Desa Daru yang tinggal di Jakarta menuturkan. “Saya telah melakukan pengurusan pembaharuan Kartu Keluarga dan buat KTP anak saya  di Kantor Desa Daru dapat lebih cepat karena tersedia transportasi umum seperti KRL dan Angkot Daru-Balaraja yang  meliwati kantor Kecamatan Jambe meskipun ada ojek pangkalan dan masih jarangnya transportasi online karena perlu penataan kembali demi kemajuan desa,” ujar Fauziah Thalib salah satu warga RW 02 Perumahan Daru Indah. 



Ketua BPD Daru, Ridwan Wahyudi menuturkan bahwa, “Sertijab ini cepat dilakukan agar kami di desa dapat segera melaksanakan tugas kami sebagai pengawasan pelaksanaan pemerintahan desa.” Masyarakat Desa Daru telah menantikan program-program yang terkait dengan pembangunan desa untuk meningkatkan kesejahteraan.
 
Kades Daru Tepilih H. Ayo Suharyo, yang pada jabatan kades period ke-2 ini akan terus menggiatkan pembangunan dan renovasi masjid serta pembangunan infrastruktur jalan yang masih belum seluruhnya terbetonisasi di Desa Daru. Jalan betonisasi ini sangat penting karena menjadi sarana penghubung ekonomi antar kampung yang saat ini terdapat 4 Jaro yang bertanggungjawab untuk kampung-kampung yang ada di Desa Daru.



“Saya juga akan melakukan gerakan penghijauan di Desa Daru dan pelaksanaan akan segera dilakukan bersama masyarakat Desa Daru dan tidak saja untuk kegiatan seremonial saja akan tetapi menjadi program terencana bersama pemerintah pusat melalui Kementerian LHK (Lingkungan Hidup Kehutanan) dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang seperti Program Kampung Iklim (ProKlim),” ujar Ayo

Desa Daru akan menjadi desa percontohan yang akan siap menghadapi tantangan perubahan iklim dengan pelaksanaan yang akan terus terpantau ke kampung-kampung serta pengawasan oleh Ketua RT/RW. Dengan harapan agar  pogram-program terlaksanan jika kita melakukan bersama.

Ketua DSC (Daru Station Community), Mohamad Muchtar mengatakan, “ProKlim ada salah cara Desa Daru dapat dikenal di Indonesia dan ini menjadi program pemerintah pusat bersama pemerintah daerah. DSC sejak tahun 2012 telah mensosialisasikan Desa Daru sebagai Desa Percontohan menuju Desa Iklim. Semoga dengan dukungan semua pihak untuk pelaksanaan Program “Daru Green Station” ke-2 dapat berhasil dan bermanfaat untuk semua pihak”


Peran semua pihak terutama Kades Desa Daru dan aparat pemerintahan desa serta masyarakat desa baik itu ibu-ibu PKK dan generasi muda melalui Karang Taruna serta organisasi kepemudaan lainnya dapat bersama menyatukan visi dan misi untuk pembangunan Desa Daru yang amanah dengan motto “Membangun Desa Untuk Indonesia” (ms)

Comments

Signin Signup