Pancasila Tetap Sakti, Selamanya (Peringatan Kesaktian Pancasila 2019)

834 Views


Tepat pukul 08.00 Wib, semua Aparatur Sipil Negara atau yang akrab disingkat ASN sudah berdiri rapi siap untuk melaksakan Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila 2019. Berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Upacara, sifat upacara hari ini adalah Sederhana, khidmat dan tertib.

 Dengan mengambil tema "Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia".

Seperti upacara pada umumnya yang membedakannya hari ini tidak diadakan penarikan bendera. Hanya saja ada penambahan dalam Pembacaan Ikrar di tengah pelaksanaan upacara. Sementara bendera sudah berkibar setengah tiang pada tanggal 30 September 2019 dan berkibar satu tiang penuh tanggal 1 Oktober 2019.

Berdasarkan Pedoman Penyenlengaraan Upacara ini, jadi tahu juga bahwa berdasarkan Keprres No 153 Tahun 1967 tentang Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Jadi inilah dasar penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. 

Dalam Ikrar yang dibuat oleh H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. Ketua DPR RI dan atas nama bangsa Indonesia, dibacakan ikrar sebagaimana berikut,  menyadari sepenuhnya  : 

Comments

Signin Signup