Masalah Sampah di Desa Daru, Kab.Tangerang

786 Views
Saat ini di Desa Daru menerapkan Steel Container dimana sampah ditampung dengan kontainer yang diangkut setiap Senin dan Jumat. Team DS (DaruStation) mencari tahu yang terkait terjadinya penumpukan sampah ini pada hari Sabtu (7/11). 
.
Menurut Sekdes Daru, Samir "Sistem ini adalah hasil kesepakatan bersama masyarakat dan Pemdes". DS juga menanyakan hal yang sama ke dinas terkait dalam hal ini Kasi Pengangkutan Sampah, Ibu Reni bahwa  "Sistem kontainer sampah tidak direkomendasikan kepolisian dan untuk TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) menjadi wewenang desa serta pengangkutan bisa dilakukan oleh Kecamatan Jambe dan DLHK Kab. Tangerang".
.
Camat Jambe, Heru Ultari juga menegaskan  "Agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan meminta DLHK untuk rekomendasikan TPST di Desa Daru dan juga memberikan surat permintaan kepada Pemdes Daru untuk melaksanakan usulan tersebut".
.
Masalah penanganan sampah di suatu wilayah menurut hemat kami bukan hanya pada hilirnya saja tapi juga lebih baik diawali dari hulunya, dan ini membutuhkan keterlibatan semua pihak.
.
Sedangkan khusus untuk di desa alangkah baiknya desa mempunyai Perdes Pengelolaan sampah dimana Perdes tersebut bisa dijadikan dasar pembiayaan program pengelolaan sampah.
.
Demikian hasil wawancara DS melalui whatsApp. (DSC) _DaruStationCommunity_ @2020
.
#darustationcommunity #desadaru #desahijau #programkampungiklim

Comments

Signin Signup