KOARMADA I KERAHKAN KRI LEMADANG-632 SAR KAPAL TENGGELAM DI PERAIRAN LAUT BANTEN

679 Views

KOARMADA I KERAHKAN KRI LEMADANG-632 SAR KAPAL TENGGELAM DI PERAIRAN LAUT BANTEN



Satuan Komando Armada I (Koarmada I) melaksanakan SAR korban kapal nelayan tenggelam di wilayah laut Provinsi Banten dengan menggerakkan unsur kapal perang yakni KRI Lemadang - 632, dimana kegiatan SAR dilaksanakan pada tempat kejadian tenggelam dan sektor yang diduga sebagai lokasi para korban hanyut, Sabtu (20/6/2020).

KRI Lemadang-632 yang merupakan BKO Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I dalam melaksanakan tugas pengamanan dan sedang berpatroli mengamankan Perairan Selat Sunda menjelang pemberlakuan TSS (Traffic Separation Scheme) mendapatkan perintah dari Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., untuk bergerak melaksanakan SAR terhadap para korban kapal tenggelam tersebut.

Sebelumnya pada Kamis (18/6) pukul 18.30 WIB, kapal nelayan dengan nama KM. Puspita Jaya dengan jumlah ABK 16 orang mengalami kecelakaan laut dan terbalik karena dihantam oleh gelombang besar yang mengakibatkan kapal terbalik. 

Dari 16 jumlah korban, 6 orang berhasil dievakuasi menuju Merak, Kota Cilegon Banten oleh unsur gabungan melibatkan Lanal Banten, Basarnas dan Unsur Maritim, sedangkan 10 orang lainnya masih dalam pencarian. 

Laporan tersebut diterima oleh Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Koarmada I untuk selanjutnya dilaporkan kepada Panglima Koarmada I dan kemudian Panglima Koarmada I memerintahkan KRI Lemadang-632 agar melaksanakan perbantuan SAR di Provinsi Banten secara terkoordinasi dengan Basarnas, Direktorat Polairud, KPLP dan Unsur amaritim lainnya yang berada di Banten. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., saat pertemuan dengan Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim beberapa waktu lalu dimana Panglima Koarmada I menyampaikan bahwa Koarmada I siap mendukung Provinsi Banten dalam kepentingan keamanan dan keselamatan perairan Provinsi Banten.

Selain unsur dari Koarmada I, Lanal Banten yang berada dibawah jajaran Koarmada I juga menggerakkan unsur Patkamla Lanal Banten dalam membantu kegiatan SAR tersebut.http://kaksumiyati.blogspot.com/2020/06/koarmada-i-kerahkan-kri-lemadang-632.html?m=1

Comments

Signin Signup