DUKUNG PENCANANGAN KAMPUNG BAHARI NUSANTARA PROGRAM KETAHANAN PANGAN, DANLANAL KUKUHKAN BABINPOTMAR

767 Views

DUKUNG PENCANANGAN KAMPUNG BAHARI NUSANTARA PROGRAM KETAHANAN PANGAN, DANLANAL KUKUHKAN BABINPOTMAR

Redaksi • 











DUKUNG PENCANANGAN KAMPUNG BAHARI NUSANTARA DAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN, DANLANAL KUKUHKAN BABINPOTMAR LANAL LHOKSEUMAWE

Fokusindonesia.com. Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Letkol Laut (P) Dimmi Oumry, pimpin upacara pengukuhan Bintara Lanal Lhokseumawe sebagai Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) di Mako Lanal Lhokseumawe, Jalan Raya KAA, Desa Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (24/8/2020).

Danlanal Lhokseumawe dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan Babinpotmar merupakan perwujudan dari salah satu tugas TNI AL menurut Pasal 9 UU Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia adalah melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) melalui kegiatan pengembangan dan pembinaan potensi maritim.

Adapun tugas yang dibebankan kepada Babinpotmar adalah melaksanakan fungsi pembinaan potensi maritim dan bertugas pokok melatih rakyat dalam penyuluhan bidang pertahanan laut serta pengawasan fasilitas dan prasarana pertahanan di pesisir, melatih rakyat dalam penyuluhan bidang pertahanan laut, membantu negara demi terlaksananya kegiatan Komponen Cadangan (Komcad) dan Komponen Dukungan (Komduk), mendukung perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi maritim dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang demi kepentingan pertahanan negara.

Untuk itu pada tanggal 5 Agustus 2020, Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono telah mengukuhkan Babinpotmar di Pos TNI AL Tanjung Pasir Tangerang Banten sebagai tanda resminya kegiatan Babinpotmar di wilayah kerja masing-masing. Babinpotmar ini sejajar dengan Babinsa dan Babinkamtibmas yang berkedudukan di tiap-tiap Pos TNI Angkatan Laut (Posal).

Babinpotmar Lanal Lhokseumawe sendiri adalah para anggota yang sehari-hari bertugas di Pos-pos TNI AL jajaran Lanal Lhokseumawe yang terdiri dari Posal, Posmat termasuk anggota Staf Potmar Lanal Lhokseumawe.

"Saya berharap agar kepercayaan yang diberikan kepada saudara untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Babinpotmar benar-benar dilaksanakan dengan baik, penuh tanggung jawab dan sungguh-sungguh, melaksanakan tugas secara profesional sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, Hindari perbuatan tercela yang dapat mencoreng nama baik Babinpotmar terutama membawa nama TNI AL pada umumnya dan Lanal Lhokseumawe pada khususnya", pungkas Danlanal Lhokseumawe.http://fokusindonesia.com/berita-9499-dukung-pencanangan-kampung-bahari-nusantara-program-ketahanan-pangan-danlanal-kukuhkan-babinpotmar.html

Comments

Signin Signup