Bahaya Berhubungan Intim Saat Hamil Pada Kondisi Tertentu

Views

Berhubungan intim saat hamil muda pada umumnya aman dilakukan. Hanya saja, sebagian ibu hamil merasa enggan untuk melakukan hubungan intim, baik karena takut, gairah seksualnya menurun, mood-nya berubah-ubah, atau badannya terasa lemas.

Kenali Kondisi yang Berbahaya untuk Berhubungan Intim saat Hamil Muda

Selama kehamilan, ada berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Salah satunya adalah leher rahim menjadi semakin sensitif.

Jika hubungan intim dipaksakan saat hamil muda, apalagi tanpa foreplay atau pemanasan yang cukup, maka bisa terjadi perdarahan melalui vagina akibat kondisi leher rahim yang sensitif dan permukaan organ intim yang belum cukup terlumasi oleh cairan vagina.

Selain itu, ada pula beberapa kondisi yang dapat membuat ibu hamil sebaiknya menghindari berhubungan intim saat hamil muda, seperti:

  • Plasenta previa.
  • Solusio plasenta.
  • Pernah melahirkan prematur.
  • Pernah keguguran.
  • Rahim terbuka sebelum waktunya.
  • Kehamilan kembar, apalagi jika janin lebih dari dua.

Ibu hamil juga disarankan untuk tidak melakukan hubungan intim saat hamil muda jika suaminya menderita herpes genital, agar tidak tertular herpes yang dapat mengakibatkan keguguran dan kecacatan janin.

Bila suami memiliki riwayat infeksi menular seksual, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat diobati. Selain itu, gunakan kondom sebagai pengaman saat berhubungan intim. Lanjutannya disini ya

Comments

Signin Signup