Ngobrol Bareng Bang Azis, Anak Kampung Jakarta

142 Views








Penulis : M. Sobari 

"Ternyata orang Betawi itu hebat, " ujar Bang Azis.   Apa kata orang Inggris ,  What Your Name?  Ternyata kata "Name"  itu sama seperti bahasa Betawi yang artinya sama juga.... Hehehehe..(sambil kita ketawa tanda setuju) 

Ngobrol sore hari Rabu (20/2) bersama Bang Azis yang nama lengkap Abdul Azis Khafia,  salah satu anggota Parlemen dari DPD DKI Jakarta yang sekarang juga sedang mencalonkan kembali. Dengan tampilan sederhana dan tidak canggung lagi saya berkenalan dan ngobrol dengan beliau di sebuah caffè di selatan Jakarta tepatnya di daerah Permata Hijau. 



Mengenal Bang Azis,   diawali dari sebuah acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang di adakan di sebuah PAUD IT Salman Al Farisi pada hari Kamis (14/2) yang lalu. Beliau memberikan tausyiah kepada warga Jalan Lapangan Merah,  Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat,  bahwa pentingnya kita memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW,  dengan mengingat kembali keteladanan yang dicontohkan Rasululullah SAW dalam berbagai aspek kehidupan. 

Dalam bahasan yang lain di sampaikan juga tentang mengenal Asmaul Husna memiliki urgensi yang besar, "Mengenal Allah melalui nama dan sifat-Nya merupakan ilmu yang paling mulia dan agung secara mutlak," ujar Bang Azis.  Sambil bergurau beliau juga menyebutkan, Al-Aziz merupakan kata dalam bahasa Arab berakar dari huruf A-Z-Z yang berarti 'Sangat Kuat', 'Kuat', atau 'Terhormat' salah satu Asma'ul Husna. Oh,  jadi mengerti saya kalau makna kata namanya sesuai dengan artinya. 



Ada banyak ide-ide yang ingin Bang Azis raih,  ternyata tidak sekedar mimpi saja kita harus lakukan,  tapi buatlah mimpi itu setinggi langit agar bisa kita wujudkan. Anak Kampung Jakarta ini tidak main-main gelar S3 sudah di raihnya dari sebuah universitas negeri di Bandung dengan nama lengkap Dr. H. Abdul Azis Khafia, S.Si., M.Si. bahkan ada mimpi beliau sewaktu bersekolah di MAN 4 Jakarta Angkatan 1994 adalah memperoleh gelar Professor. Impian yang tinggi lainnya adalah ingin memimpin Jakarta pastinya Gubernur yang asli Betawi. 

Memasuki waktu Magrib,  kami tidak lupa untuk sholat berjamaah di sebuah mushola yang berada di sudut ruangan tempat kita kongkow dan banyak hal yang akhirnya saya terkagum dengan semangatnya ingin memajukan Jakarta. Orang yang tinggal di Jakarta pun dari berbagai suku juga harus bisa memajukan tempat tinggalnya, sempat saya berujar dengan pepatah Minang,  "Dimana Bumi di pijak disitu langit di junjung." 

Banyak diskusi yang kita bahas seputar  Jakarta,  mulai dari kesenian lenong hingga kerajinan tangan khas Betawi yang ada di sekitar wilayah Srengseng,  Kembangan yakni Batik Betawi yang memiliki ciri khas tertentu. Ada hal yang menarik menurut Bang Azis,   kalau bahasa Betawi itu punya tiga unsur bahasa antara lain bahasa Arab,  Belanda dan Tionghoa, sambil bergurau Bang Azis mengatakan,   "Ane reken ceban......" kalau di uraikan dalam arti bahasa adalah "Ane",  berarti saya, dalam bahasa Arab, "Reken"  atau hitung dalam bahasa Belanda dan "ceban" berarti sepuluh ribu dalam bahasa Tionghoa. Ternyata bahasa Betawi punya asimilasi bahasa yang menyatukan tiga bahasa sekaligus. Jadi dalam bahasa Indonesia berarti, "Saya hitung sepuluh ribu."



Ternyata Bang Azis,  sangat paham sekali dengan Budaya Betawi dan menurut saya sudah pantaslah memimpin Jakarta. Dari histori yang saya baca dengan googling di Internet, ternyata banyak jabatan penting di Jakarta di pegangnya mulai dari Ketua Majelis Pimpinan Wilayah ICMI Muda DKI Jakarta,  Wakil Ketua PWNU DKI Jakarta dan banyak lagi jabatan yang di amanahkan bahkan sebagai perbandingan budaya,  beliau pernah berkunjung ke beberapa negara di Eropa. 

Akhir cerita yang menjadi ingatan buat saya adalah bagaimana orang Betawi pakai baju kawinan,  ini perpaduan Timur dan Barat begitu juga istilah janur yang bisa di jadikan tanda untuk acara kawinan yang di pasang di depan jalan,  ternyata janur dalam bahasa Arab yang berasal dari kata “jaa a al-nur” bermakna telah datang cahaya.

Ngobrol  bareng bersama Bang Azis, Si Anak Kampung Jakarta ini sudah banyak ilmu yang saya dapatkan. Dan masih penasaran dengan buku karyanya berjudul "You Are What You Think". Mungkin lain waktu lagi kita bisa bahasnya,  mengingat waktu sudah malam. Jadi engga heran lagi buat warga Jakarta untuk pilih Bang Azis,  Calon Anggota DPD RI 2019 - 2024 Dapil Provinsi DKI Jakarta. 













Comments

Signin Signup