Konten Lainnya

Malas Antre Di Puskesmas? Daftar Online Aja


Sudah cukup lama saya tidak menggunakan layanan pengobatan di puskesmas, alasannya tentu karena memang tidak sakit. Apalagi dengan adanya kemudahan akses pengobatan oleh BPJS di rumah sakit, membuat saya lebih memilih untuk berobat di sana. Namun belakangan saya sempat membaca bahwa kini puskesmas menyediakan pendaftaran via online. Menurut pemahaman saya hal ini tentu akan berdampak pula pada waktu antre pasien di puskesmas. Benarkah? Jadi saya pun ingin membuktikan...

Karena saya tinggal di Depok, maka saya mengakses pendaftaran di sini. Berikut tampilan situsnya:


Setelah di klik, tampilan berikutnya adalah pilihan wilayah kecamatan. Saya pilih Kecamatan Cipayung.



Ternyata di Kecamatan Cipayung terdapat 2 puskesmas. Jadi saya memilih yang paling dekat dengan rumah, yaitu Puskesmas Cipayung.



Selanjutnya pilih waktu kunjung:



Pilih layanan yang ingin diakses. Ada 8 pilihan layanan pengobatan yang tersedia di Puskesmas Cipayung. Oiya untuk layanan kategori anak, dapat diakses hingga usia 17 tahun, ya.



Pilih Pasien Lama jika kamu sudah punya kartu berobat dari puskesmas, dan pilih Pasien Baru jika kamu belum punya kartu.



Ini adalah tampilan layar untuk pasien lama, lengkapi nomor KTP atau nomor Kartu Pasien, tanggal kunjungan, jenis bayar, dan nomor BPJS.



Sedangkan ini adalah tampilan layar untuk pasien baru, isikan semua kolom dengan lengkap dan benar.




Setelah semua proses pendaftaran selesai, maka kamu akan mendapatkan nomor antri pendaftaran dan nomor antrian poli. Jika kamu mendaftar via ponsel, kamu cukup melakukan tangkapan layar (screenshot) dan membawa ponselmu saat melakukan daftar ulang di puskesmas. Namun jika kamu melakukan pendaftaran via PC, maka bukti ini harus dicetak.




Kamu juga bisa melakukan pendaftaran langsung di puskesmas dengan dibantu oleh seorang petugas, namun cara ini pastinya juga akan memakan waktu lama karena harus tetap antre.

Pada hari H pendaftaran, kamu cukup datang pada waktu yang sudah ditentukan lalu tunggu hingga nomor antrian kamu dipanggil oleh petugas untuk melakukan pendaftaran ulang. Setelah itu kamu bisa berpindah ke ruang tunggu poli yang dimaksud. Saya menghabiskan waktu 90 menit untuk menunggu sampai obat selesai diserahkan.

Jadi ga ada alasan untuk malas ke puskesmas kan?

Note: artikel ini juga sudah dipublikasikan pada blog pribadi penulis di sini


Endah Asmowidjoyo

Join since : 03 January 2019

Daftar Umroh Makin Mudah Via Agent TrueMoney

Daftar Umr ...

Malas Antre Di Puskesmas? Daftar Online Aja

Malas Antr ...

Resensi Reva Guna Guna : Horor Dengan Tiga Hantu Baru

Resensi Re ...

Bumi Itu Bulat, Film Tentang Toleransi Akan Tayang April 2019

Bumi Itu B ...

0 Comments

Sign In Sign Up Sign In By Facebook