Konten Lainnya

Yuk Kunjungi Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

Siapa yang tak kenal Danau Toba ? Danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Danau yang merupakan geopark hasil dari tekto volcano ribuan tahun yang lalu. Danau Toba memang indah, ditengah danau ada pulau Samosir. Soal budaya, Danau Toba dikelilingi suku Batak yang banyak memiliki kekayaan budaya yang unik dan menarik. Budaya Batak disebut sebut sebagai budaya tertua di Indonesia. Apalagi adanya sentuhan zending asal Jerman. Suku Batak memiliki tarian, lagu hingga alat musik tradisional yang menarik. Selain tentunya kekayaan tenunan kain yang terkenal dengan sebutan Ulos. Bicara keindahan alam, Danau Toba terkenal sebagai surga para pencinta water sport. Dengan panjang danau yang mencapai 100 Km dan lebar 30 Km . Rasanya Danau Toba merupakan destinasi yang tak boleh terlewat. Menjadi Pusat Kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Maka tak salah bila Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata memiliki Danau Toba menjadi lokasi kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Selain menjadi magnet wisata dunia, Danau Toba termasuk 10 destinasi unggulan yang akan dijadikakan 10 ‘Bali Baru’. Lalu ada apa sih Kemeriahan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ? Selama dua hari ada banyak acara yang menarik disajikan. Hebatnya, lokasi acara dilakukan di dua kota berbeda. Tanggal 20 Agustus lokasi acara dipilih di Kota Parapat di Kabupaten Simalungun sedang keesokan harinya tanggal 21 Agustus , lokasi acara mengambil tempat di kota Balige di Kabupaten Tobasa.


Yuk disimak apa saja acara yang akan berlangsung: Tanggal 20 Agustus 2016, Kota Parapat , Kabupaten Simalungun • Panggung Apung (Floating Stage) pertama di Indonesia ini akan menjadi panggung acara spektakuler. Berada di Pantai Bebas Kota Parapat. Acara dimulai pada pukul 14:00 WIB hingga menjelang sore hari. Panggung apung akan menghadirkan budaya tradisional dan budaya nasional. Akan ada tarian dari 4 etnis lalu ada Opera Batak sebagai acara budaya tradisional . Untuk budaya nasional akan ditampilkan konser musik Slank. Selain itu akan tampil pula artis ibukota seperti Sammy Simorangkir, Oppi Andaresta, Edo Kondologit, J Flow. Pokoknya lengkap dan pastinya akan seru sekali. Sebuah pengalaman menonton konser yang panggungnya terapung. Keren dan wajib nonton. • Selain panggung apung masih ada acara Bazar Kuliner pada malam harinya. Akan hadir Chef Nasional Bara Pattiradjawane yang akan unjuk kemahiran menyajikan menu spektakuler. Ada Food Truck yang akan menawarkan sajian kuliner lokal tradisional dan kuliner nasional. Lengkap , karena bazar kuliner akan memanjakan lidah yang datang berkunjung. Yuk, dicatat tanggalnya. Jangan sampai terlewat. Tanggal 21 Agustus 2016, Kota Balige, Kabupaten Tobasa • Disinilah puncak acara dimana akan hadir Presiden Jokowi. Uniknya, Presiden akan ikut menjadi peserta Karnaval. Presiden Jokowi akan diiringi 7 bidadari batak yang akan berjalan mundur sebagai penghormatan. Presiden Jokowi juga akan dikawal oleh para pesilat Simalungun yang terkenal memiliki ‘kuda kuda’ yang unik karena kepala pesilat akan sangat rendah hampir menyentuh tanah. • Acara Karnaval akan mengambil jarak sejauh 3,5 Km dan akan melewati pasar tradisional dan bangunan megah Onan Balerong yang memiliki ukiran Gorda. Bangunan Onan Balerong sudah dibangun sejak tahun 1930. • Akan tampil 31 Kelompok Martogi Sitohang dan 350 peniup seluring batak yang bernada diatonik yang terdengar lebih ceria. Karena biasanya seluring di Indonesia bernada Pentatonik. • Akan ada 700 wanita yang akan membawa Tandong sebagai simbol kerja sama dan saling bantu membantu dalam kegiatan bermasyarakat di Batak. 700 orang wanita ini akan berjalan dalam karnaval . • Tak ketinggalan alunan musik Gondang yang akan menjadi sajian menarik karena gendang pukul suku Batak ini bernada walau ukurannya kecil. • Akan ada pertunjukan Topeng dari 7 kabupaten di sekitaran danau Toba. • Ada tarian dari lima puak dan tampilan tarian cawan dengan sembilan penari. Selain itu ada 250 orang yang akan menyanyikan lagu daerah . • Karnaval akan diikuti defile dari tiap provinsi di Indonesia, menurut rencana ada 26 Provinsi yang akan datang memeriahkan karnaval. • Pada malam harinya akan diadakan pesta rakyat yang akan dihibur juga oleh para artis ibukota seperti Judika dan artis lainnya.


Pesta rakyat juga akan menampilkan budaya lokal dan budaya nasional yang sayang untuk dilewati begitu saja . Menaikkan Target Kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Promosi Destinasi Unggulan Dalam konferesi pers yang diadakan pada Rabu (10/8) di gedung Sapta Pesona . Diungkapkan kementrian Pariwisata berkonsentrasi untuk terus fokus pada pengembangan 10 destinasi unggulan. Sebagai prioritas tujuan wisata yang terus digenjot. Penataan saran infrastruktur juga terus dikembangkan dan disempurnakan. Jalan Tol kota Parapat ke Danau Toba akan dibangun mulai tahun depan. Peningkatan kapasitas bandar udara Sialngit Toba sudah dilakukan sehingga sudah ada penerbangan langsung dari Jakarta, Batam dan juga Kualanamu. Tahun 2015 kunjungan wisata ke Danau Toba menyentuh angka 11.215.535 orang. Angka kunjungan ini naik dari kunjungan wisatawan pada tahun sebelumnya sebesar 11.046.243. Maka target tahun 2016 kunjungan wisatawan akan tembus diangka 11,4 juta orang. Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan menjadi salah satu paket wisata menarik yang ditargetkan akan ada 50.000 pengunjung karnaval. Diharapkan para wisatawan mancanegara bisa mengambil momen langka ini. Even budaya, olangraga dan konser musik secara Internasional sudah pernah diadakan di Danau Toba. Seperti Even Toba Ultra Marathon, Toba Gran Fondo dan International Jazz Samosir. Dengan langkah tersebut Danau Toba akan menjadi sebuah destinasi yang akan dikunjungi banyak wisatawan mancanegara.(Rus)

0 Comments

Sign In Sign Up Sign In By Facebook