Konten Lainnya

Melestarikan Budaya Betawi Lewat Festival Rupa-rupa Jakarta

Jakarta. Dalam rangka turut melestarikan Budaya Betawi yang selama ini seakan-akan tenggelam diantara budaya modern yang berkembang di Jakarta, David Nurbianto, Komika jebolan kontes komedi SUCI ( Stand Up Comedy Indonesia) 2014 dan dan selaku divisi Program PaSKI DKI Jakarta berkolaborasi dengan Anggota dan Pengurus PaSKI DKI Jakarta menggagas suatu acara yang bertajuk "Rupa-rupa Jakarta" atau RRJ.


 

Acara RRJ yang berupa sebuah festival budaya  yang disupport sepenuhnya oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan DKI Jakarta  dan Pemprov DKI Jakarta ini akan mengangkat banyak sisi tentang kebudayaan Betawi dari Kuliner, Fashion, Pertunjukan Palang Pintu dan lain-lain. Di acara ini juga akan diisi dengan pertunjukan special dari David Nurbianto yang tentunya akan mengangkat tema tentang Budaya Betawi itu sendiri, Lenong dan Teater Komedi by PaSKI, Lomba Bacot, Ceramah Agama, Teater Abang None, Cosplay Betawi Tempoe Doloe, dan lain-lain. Acara ini juga akan didukung oleh penampilan dari Artis-artis PaSKI (Persatuan Artis Komedi Indonesia). 

 

Melalui acara festival kebudayaan Betawi Rupa-rupa Jakarta ini juga akan diadakan penggalangan dana untuk pembentukan Museum Betawi yang akan dibangun di Setu Babakan Zona A , Jagakarsa Jakarta Selatan. Untuk mendukung terbentuknya Museum Betawi ini, semua lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dengan berdonasi melalui Rupa-rupa Jakarta.

 

Untuk mensosialisasikan acara festival RRJ yang akan digelar di Cagar Budaya Betawi, Setu Babakan Zona A, Jagakarsa Jakarta Selatan pada tanggal 14 sampai 17 September 2016 nanti, RRJ mengadakan kegiatan Launching acara RRJ pada hari Minggu 29 Agustus 2016 lalu di acara Car Free Day. Acara launching ini diawali dengan kegiatan Long March yang di mulai dari depan hotel Atlet Century, Senayan dan berakhir di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di samping halte Transjakarta Tosari.

 

Dalam acara launching festival Rupa-rupa Jakarta di CFD tersebut juga diisi dengan kegiatan-kegiatan sosialisasi tentang Budaya betawi, salah satunya melalui pembagian kue-kue khas Betawi. 

 

Dalam acara launching festival RRJ ini, dihadiri juga oleh ketua PaSKI, Jarwo Kwat dan didukung oleh para volunteer yang berasal dari berbagai daerah yang terlibat secara sukarela karena kepeduliannya kepada budaya Betawi yang merupakan bagian dari Budaya Indonesia. Acara Festival RRJ ini nantinya akan dikemas dalam bentuk komedi agar masyarakat dapat tertawa gembira dan tidak lupa akan budayanya.

0 Comments

Sign In Sign Up Sign In By Facebook