Konten Lainnya

Belajar Mencintai Alam

 Di era digital ini, sudah bukan pemandangan yang aneh apabila kita melihat balita sibuk bermain gadget. Di taman komplek, di restaurant, di pusat perbelanjaan bahkan di acara-acara pertemuan keluarga, arisan atau kondangan sekalipun, dimana orang tua terpaksa harus membawa anaknya akan dengan mudah kita temui anak usia balita bermain dengan tablet atau handphone-nya.

Memperkenalkan anak dengan teknologi sejak dini bukan sesuatu yang salah. Tetapi bagaimanapun, anak-anak tetap membutuhkan suatu kegiatan yanh sifatnya berinteraksi dengan dunia nyata. Dengan lingkungan sekitarnya agar anak tumbuh dengan kepekaan dan keperdulian terhadap sesama. Anak juga membutuhkan kegiatan fisik secara langsung untuk dapat tumbuh dengan normal.

Untuk mensupport kebutuhan bermain sambil belajar tersebut, ada satu tempat nih yang asik banget buat anak-anak dan juga para ortu. Tempat ini namanya Pasir Mukti. Lokasi tempat wisata ini nggak jauh dari Jakarta. Jadi cocok sekali buat keluarga yang ingin menikmati kebersamaan tanpa harus buang waktu diperjalanan.

Di taman wisata Pasir Mukti ini anak-anak maupun orang tua dapat belajar banyak tentang alam. Disini terdapat banyak jenis pepohonan dan tumbuhan yang mungkin jarang kita lihat atau kita sering melihatnya tetapi tidak pernah tau pohon apa dan untuk apa. Setiap pohon yang ada disana dilengkapi dengan papan nama, baik nama yg kita kenal (nama populernya) maupun nama latinnya.


Kita bisa melihat tumbuhan seperti Pohon Sosis, Pohon Bintaro, Pohon Jati, Pohon Kayu Putih dll. Dan guide dari taman Pasir Mukti pun akan dengan senang hati menjelaskan nama nama setiap tanaman tsb dan kegunaannya. Anak-anak juga bisa melihat bagaimana bentuk tanaman padi yang merupakan tanaman makanan pokok kita sehari hari. Disini anak-anak juga dapat berinteraksi langsung dengan binatang-binatang yang ada disana, seperti memberi makan kambing, kelinci, ikan, angsa dll.


Selain mengenal binatang dan tumbuhan, anak-anak juga dapat bermain di area outbond. Dimana anak-anak dapat bermain sambil melatih keseimbangan badan serta berpikir untuk mengatasi rintangan.

Banyak sekali manfaat yanh bisa didapat di tempat rekreasi keluarga seperti ini…

Ssstt…untuk para mommy juga ada kegiatan pembibitan tanaman anggrek lho….

Jadi, untuk berekreasi dan berinteraksi dengan keluarga itu nggak selalu harus jauh dan mahal. Kita bisa lakukan kegiatan-kegiatan bersama anak-anak bermain dengan alam. Salah satu contohnya adalah kegiatan di Taman Wisata Pasir Mukti tersebut. Tapi bukan berarti harus selalu ke tempat wisata lho..kita bisa juga ajak anak-anak sekedar jalan-jalan sepanjang kali sambil melihat tanaman-tanaman yang tumbuh disekitarnya, atau sekedar bercocok tanam dirumah… (BLUELAND)

0 Comments

Sign In Sign Up Sign In By Facebook