Manfaat Mengkonsumsi Petai Untuk Kesehatan

Views

Beberapa manfaat petai yang sudah lebih dulu dipercayai oleh beberapa praktik pengobatan tradisional, khususnya di Asia Tenggara, antara lain untuk mengatasi gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Di Malaysia, mengonsumsi petai mentah dilakukan untuk mengobati sakit kepala. Namun manfaat kesehatan petai bagi tubuh manusia sebenarnya belum benar-benar terbukti secara medis.

Beberapa peneliti memang menemukan beberapa kandungan petai atau Parkia speciosa yang memiliki sifat medis, yaitu kemampuan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Kandungan-kandungan tersebut dianggap meningkatkan potensi petai untuk dikembangkan menjadi salah satu jenis tanaman phytomedicine, yaitu bahan pengobatan herba, tapi harus melalui penelitian lebih lanjut.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa selain memiliki vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, ekstrak petai juga mengandung flavonoid, polyphenol dan phytosterol. Dengan ketiga kandungan tersebut, manfaat petai lainnya diduga berperan sebagai antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi. Ditambah dengan adanya kandungan asam thiazolidine-4-carboxylic, ini berarti petai juga memiliki sifat antikanker. Sementara, kandungan senyawa polisulfida siklik menunjukkan aktivitas antibakteri pada petai. 

Lanjut disini yaa

Comments

Signin Signup