Konten Lainnya

Lomba Puisi SantriFest 2019, Hadirkan Santri Untuk Negeri





Lomba puisi yang di adakan pada hari ke dua penyelenggara Santri Festival 2019 di Serang,  Banten. Dia wakili oleh peserta dari berbagai pesantren di Indonesia dan khususnya di wilayah Banten dan sekitarnya. 

Ketua Umum DPP ARBI, Dr. Ir. Lukmanul Hakim M.Si., gagasan SantriFest ini awalnya adalah dari K.H. Mar’ruf Amin sebelum beliau menjadi calon wakil presiden RI. Lomba puisi ini merupakan satu dari kegiatan yang dilakukan oleh ARBI (Arus Baru Indonesia) di Santrifest 2019. 

Khusus Lomba puisi islami yang digelar hari ini di Pendopo Hotel Le Semar Serang yang diikuti 13 peserta menghadirkan juri yaitu  Habbiburahman El Shirazy,  Nur Azizah dan Medi Humadi.


Habbiburahman El Shirazy atau Kang Abik Sebagai juri Lomba Baca Puisi Religi di Santri Festival 2019 di Serang, Banten, Sabtu (23/3/2019)


Habiburahman El Shirazy atau akrab disapa Kang Abik mengatakan, kata-kata itu bisa menyihir. “Apa itu Sastra? Islam itu sastra dan keindahan serta mengajak kebaikan,” ucap Kang Ebik.


Puisi atau perkataan yang baik kata Kang Ebik, selain  diksinya (pilihan kata) tepat dan detail, juga singkat, padat dan mengandung arti (berisi) sebagaimana dia mengutip perkataan seorang Sastrawan Arab Imam Al Jurjani.

Ada yang menarik dalam lomba baca puisi kali ini,  sebab peserta bisa dengan leluasa tanpa batasan untuk membacakan puisi pilihannya sendiri sehingga juri bisa menilai kemampuan para peserta secara detail.


Kang Abik melanjutkan,  pembaca puisi yang baik juga mereka yang hasil bacaannya sesuai atau mendekati bacaan dari pembuat puisi tersebut, memiliki interpretasi (menghayati) yang benar, pemenggalan katanya,  intonasi,  dan artikulasi serta ekspresi yang tepat.


Kang Abik memberi applaus kepada panitia (Santri Festival) karena telah mengangkat sastra khususnya puisi dalam lomba hari ini.


Hasil lomba puisi ini akan diumumkan malam nanti bersamaaan dengan pentas akbar yang akan dihadiri Kyai Ma’ruf Amin dan Raffi Ahmad dan Artis lainnya. (ms) 






Admin TDB

Join since : 25 January 2018

Desa Tenjo, Kab. Bogor Hadirkan Taman Baca Inovator Si Karel

Desa Tenjo ...

Taman Baca Inovator Si Karel Hadir Di Desa Tenjo, Kab. Bogor

Taman Baca ...

Masukan Publik Untuk Operasional LRT Jakarta

Masukan Pu ...

LRT Jakarta Fase I Ditargetkan Beroperasi Januari 2019

LRT Jakart ...

0 Comments

Sign In Sign Up Sign In By Facebook