Uji Coba Penutupan Perlintasan Sebidang Perlintasan Pasar Senen

1228 Views

TDB, Jakarta. Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementrian Perhubungan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya berencana akan melaksanakan ujicoba penutupan Perlintasan Jalan Letnan Jenderal Soeprapto (JPL) no. 29 di Km 6 +241, pada tanggal 1 Oktober 2016 yang akan berlangsung selama 1 bulan, hingga tanggal 31 Oktober 2016. Sebelum dilaksanakannya uji coba tersebut, akan dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang dilakukan mulai tanggal 1 September 2016 sampai dengan 30 September 2016. 


 

Rencana penutupan perlintasan sebidang tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Perhubungan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor: KA.101/2/3 PHB 2015 tanggal 15 Desember 2015 tentang Penanganan Perlintasan Tidak Sebidang di wilayah Provinsi DKI Jakarta, yang berisi usulan kepada Pemprov DKI Jakarta agar menutup 19 perlintasan sebidang yang telah diperlengkapi dengan Flyover maupun Underpass.

 

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono mengatakan bahwa penutupan perlintasan ini dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran perjalanan KA dan masyarakat pengguna jalan pada perlintasan antara jalur kereta api dengan jalan wilayah Provinsi DKI Jakarta.

 

Berdasarkan data Ditjen Perkeretaapian, frekuensi perjalanan KA pada perlintasan Pasar Senen saat ini mencapai 17 KA/jam dengan rata-rata headway 3,52 menit yang berlangsung pada jam sibuk atau on peak. Dengan kondisi tersebut, sudah seharusnya perlintasan sebidang di stasiun Senen ditutup demi keselamatan pengguna jalan dan kelancaran perjalanan KA. Bagi pengguna jalan raya diharapkan dapat menggunakan underpass Soeprapto yang sudah tersedia ataupun mengambil jalan alternatif yang sudah disiapkan Pemprov DKI yang berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya.

 

Adapun rute-rute jalan alternatif yang disiapkan adalah sebagai berikut:

 

1. Untuk pengguna jalan yang datang dari Utara melewati : Jl. Gunung Sahari - Jalan Gunung Sahari II - Jalan Kepu Selatan - Jalan Bungur Besar - Jalan Soeprapto.

 

2. Dari arah Selatan melewati : Jalan Kramat Raya - Jalan Kwitang ( U-turn) - Jalan Prapatan - Underpass Soeprapto.

 

3. Dari arah Timur : Jalan Soeprapto - Jalan Utan Panjang Barat - Jalan Kemayoran Gempol - Jalan Angkasa - Jalan Gunung Sahari - Flyover Senen - Jalan Kramat Raya - Jalan Salemba Raya.

 

4. Dari arah Batrat : Jalan Dr. Soetomo - Jalan Gunung Sahari Raya - Jalan Gunung Sahari II - Jalan Kepu Selatan - Jalan Bungur Besar - Jalan Soeprapto. (ADJI)

 

(Sumber Berita: Ditjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan)

Comments

Signin Signup