Info Dan Tips Bagi Pemudik 2016

1490 Views

 











Mudik 2016

Foto : www.indoberita.com

 

Mudik, adalah suatu istilah yang gencar diperbicangkan bersamaan dengan menyambut hari raya idul fitri. Mudik sendiri merupakan suatu tradisi yang masih dilestarikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Fenomena mudik yang terjadi di Indonesia merupakan hal yang unik, dapat dilihat dari jumlah pemudik yang begitu banyak serta waktunya yang hanya terjadi saat sepekan sebelum sampai sesudah hari raya idul fitri. Jadi, pengertian dari mudik adalah kegiatan pulang ke kampung halaman bersamaan dengan datangnya hari raya idul fitri.

 

Dalam kegiatan mudik pastinya menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi. Alternatif yang bisa digunakan oleh para pemudik berbagai macam, seperti:

1.   1. Pesawat,

P   pemudik yang menggunakan alat transpotasi pesawat biasanya pemudik yang memiliki kampung halaman yang memiliki jarak tempuh yang jauh atau berbeda pulau. Menggunakan alat transportasi ini memiliki kelebihan yang cukup unggul yaitu cepat sampai tujuan.

2.   2. Kereta Api

Untuk kereta api sendiri adalah alat transportasi masal yang banyak digunakan di tanah Jawa. Menurut PT KAI, jumlah seat yang disediakan sebanyak 22.308 untuk setiap harinya, jumlahnya fantastis bukan. Dapat dilihat setiap harinya di beberapa titik stasiun awal yang ada di Jakarta yang setiap harinya tidak pernah sepi dengan pemudik.

3.    3. Bus

Kendaraan bus merupakan alat transportasi yang bisa dibilang cukup murah. Pemudik yang menggunakan bus juga sangat banyak. Bukan hanya untuk ruang lingkup antar kota atau provinsi, namun juga antar pulau.

4.    4. Kapal Laut

Pengguna jasa kapal api sebagai alat transportasi untuk kegiatan mudik tidak bisa dianggap enteng karena sedikit. Hal itu merupakan salah besar, alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat yang memiliki kampung halaman berbeda pulau  karena harganya yang murah.

5.    5. Mobil Pribadi

Pemudik yang menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasi untuk pulang kampung juga sangat banyak. Jadi jangan kaget apabila mudik identik dengan macet, karena pemudik yang menggunakan mobil pribadi memang sangat banyak.

6.    6. Sepeda Motor

Penggunaan sepeda motor sebagai alat transportasi untuk mudik merupakan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. Ini dikarenakan dengan menggunakan sepeda motor pastinya akan lebih irit dalam penggunaan biaya.

 

Terlepas dari pembahasan pemilihan alat transpotasi untuk mudik, disini saya ingin memberikan tips untuk pemudik yang menggunakan alat transportasi mobil pribadi dan sepeda motor. Hal ini memiliki alasan karena pemudik yang menggunakan 2 alat transportasi ini sangat banyak jumlahnya. Berikut sedikit tips-tips dalam perjalanan untuk pemudik yang menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor:

1.   a.  Pastikan kondisi fisik dalam keadaan baik

Kondisi fisik yang menggunakan kendaraan pribadi harus diutamakan. Mengapa? Karena pada saat perjalanan kondisi fisik pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi akan dikuras. Bisa dibayangkan apabila perjalanan yang harus ditempuh ratusan kilometer, pastinya membutuhkan kondisi fisik yang bagus hingga sampai di tempat tujuan.

2.   b. Pastikan kodisi kendaraan dalam keadaan prima

Kondisi kendaraan hendaknya dalam keadaan yang prima, hal ini merupakan suatu keharusan. Pemeriksaan kendaraan harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Bagian-bagian yang dipemeriksa biasanya bagian ban (kondisi dan tekanan ban), oli mesin, minyak rem, oli gardan (untuk mobil), kondisi mesin, rantai dan gear, lampu, dan lain sebagainya. Apabila pemeriksaan tidak dilakukan besar kemungkinan akan terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti ban bocor, rem bermasalah, dan banyak lagi. Jika hal ini terjadi saat melakukan perjalanan mudik maka akan kerepotan.

3.   c.  Membawa peralatan mesin

Nah untuk hal ini adalah sikap jaga-jaga apabila terjadi kerusakan-kerusakan kecil terjadi. Jadi kan tidak perlu kerepotan karena sudah membawa alat sendiri dan bisa langsung memperbaiki.

4.    d. Istirahat yang cukup

Hal yang sering diabaikan oleh para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi adalah istirahat. Dengan pemikiran “ah gak usah istirahat sih, biar cepet sampek, ntar juga bisa istirahat sepuasnya”, hal ini merupakan pemikiran yang salah besar bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat melakukan perjalanan mudik. Kelelahan saat mengemudi akan mempengaruhi konsentrasi saat berkendara. Nah dari kurangnya konsentrasi saat berkendara inilah yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

5.    - Konsumsi obat

   Konsumsi obat juga mempengaruhi pengendara saat melakukan perjalanan. Kandungan obat terkadang mengandung zat yang dapat menyebabkan kantuk perlu disikapi 

   dengan baik. Sebaiknya pengendara yang tengah mengkonsumsi obat jangan dulu mengambil kemudi, atau beristirahatlah terlebih dahulu setelah mengkonsumsi obat.

6.   -  Konsumsi makan dan minum

Pengendara kendaraan pribadi pastinya akan makan atau minum apabila saat berkendara (apabila dalam keadaan tidak berpuasa). Hendaknya saat makan atau minum jangan sampai berlebihan. Konsumsi  yang berlebihan akan menyebabkan kantuk biasanya dan hal-hal lainnya. Karena kita tahu semua hal yang berlebihan itu pasti tidak baik.

7.    - Kecepatan berkendara










Muatan Yang Berlebihan Saat Mudik

Foto : simomot.com

Hal ini merupakan salah satu yang harus diperhatikan oleh pengendara kendaraan pribadi. Dalam situasi mudik pastinya kondisi jalanan akan ramai, maka kecepatan kendaraan tidak boleh terlalu berlebihan karena akan membahayakan. Bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga penumpang apabila membawa dan pengemudi lainnya.

8.    - Muatan  

Muatan bukan hanya barang bawaan namun juga penumpang. Biasanya sih para pemudik membawa barang untuk di kampung halaman  dan mengajak serta keluarga lain seperti istri dan anak. Hal ini merupakan hal yang baik, namun hendaknya para pemudik membawa barang bawaan yang secukupnya maupun penumpang yang sesuai kapasitas. Karena kelebihan muatan akan mempengaruhi keseimbangan kendaraan. Kita lihat kasus-kasus kecelakaan saat mudik lebaran dikarenakan hal ini.

9.    -  Menggunakan kendaraan yang standar

Hal ini juga banyak diabaikan oleh para pemudik. Masih banyak terlihat banyak para pemudik yang menggunakan kendaraan yang tidak sesuai dengan standar, misalnya kaca spion satu (hanya untuk motor), ban kecil tidak standar, stang setir variasi yang panjang (hanya untuk motor), lampu sen tidak menyala, penggunaan knalpot variasi yang berisik, dan masih banyak lagi. Semua itu sangat membahayakan bagi pemudik, mungkin sih keren menurut beberapa orang tapi kalau membahayakan diri sendiri dan orang lain kan jadi serem.

10.  Membawa peralatan P3K










Mari Beribadah

Foto : keblim.wordpress.com

Membawa alat PK3 ini hanya untuk berjaga-jaga. Jadi, saat mengalami sakit yang mendadak ataupun mengalami kecelakaan kecil pemudik tidak bingung dan panik. Isi dan balahan PK3 sesuai kebutuhan, jangan kurang dan jangan juga berlebihan.

11.  Ibadah

Sebisa mungkin laksanakanlah ibadah, karena sejatinya ibadah merupakan suatu kewajiban. Misalnya sholat lima waktu, apabila menjumpai masjid atau mushola hendakalah menunaikan ibadah sholat lima waktu terlebih dahulu. Dengan begitu perjalanan mudik akan dilindungi oleh Allah SWT.

 

 

Semoga info mengenai alat transportasi dan tips bagi pengemudik kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor ini bermanfaat.  Meskipun hanya sedikit, setidaknya sebagai sama-sama pemudik saling mengingatkan agar selama melakukan perjalanan mudik tetap selamat sampai tujuan. Karena sejatinya mudik bukan hanya untuk bertemu dengan keluarga di kampung saja, namun juga tentang keselamatan dalam berkendara. Safety driving for pemudik is important, (Berkendara aman untuk pemudik adalah hal yang penting”. (Bima WidjanataSuwaji)














Mudik 2016

Foto : kundang.weblog.esaunggul.ac.id

Comments

Signin Signup