7 Hikmah Menjadi Anak Rantau

27 Views


Merantau merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat untuk mencari nafkah, melanjutkan studi dan mendapatkan pengalaman hidup.  Nah di blog Melvi kali ini Mel mau menjabarkan 7 hikmah menjadi anak rantau berdasarkan pengalaman yang Melvi lalui dan rasakan selama merantau ke kota Jakarta. Singkat cerita Melvi pertama kali kerja di Depok dan kemudian kerja lagi di Jakarta dan ya sekarang Mel kembali lagi ke Kota lahiran Mel, kota Padang J. Okeee selanjutnya Mel bakal jabarin apa aja nih hikmah yang Mel rasakan setelah menjadi anak rantau selama 2 tahun J


1.      Memperluas networking

Kalau di daerah sendiri, mungkin kita hanya berteman dengan teman-teman yang kebanyakan berasal dari daerah yang sama. Tapi beda halnya ketika kita merantau , bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah seperti Jawa, Sunda, Palembang, Medan, Bali dan lainnya. Dengan begitu kita bisa belajar tata krama dan memahami budaya orang lain, mempelajari kebiasaan-kebiasaan mereka dan tentunya networking ini sangat berguna untuk perjalanan hidup kita selanjutnya, contohnya seperti Melvi bisa bergabung di komunitas blogger, dengan mengikuti berbagai event yang ada di komunitas blogger Melvi bisa bertemu dan berbagi pengalaman juga dengan orang-orang baru. Manfaatnya masih bisa Mel rasakan sampai sekarang walaupun sudah tidak bekerja di kota besar tetapi masih mendapatkan tawaran kerjasama dari beberapa perusahaan di Jakarta sembari melakukan pekerjaan sebagai freelancer di bidang media.


2.      Mendapatkan Pengalaman Baru

Misalnya pengalaman kerja di perusahaan kota besar yang tidak bisa kita dapatkan ketika kerja di kota asal karena lingkungan hidup yang berbeda, traffic dan kebiasaan yang berbeda. Contohnya seperti pengalaman Melvi kerja di jakarta. Ketika di jakarta, melvi harus bangun pagi lebih awal untuk berangkat kerja, kadang naik bus kadang naik kereta, untuk perjalanan ke kantor bisa membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Dan pengalaman ini mungkin tidak Mel dapatkan ketika kerja di Padang karena di Padang sendiri untuk kemana-mana kita tidak perlu naik kereta, cukup motor atau mobilpun sudah bisa, dan kemacetan di ibu kota sangat berbeda dengan di Padang apalagi luas daerah Padang dengan Jakarta juga sangat jauh berbeda, bisa jadi kota Padang ini luasnya baru bagian dari Jakarta Selatan belum termasuk daerah Jakarta lainnya, hahaaa.

Event-event di Jakarta juga sangat banyak macamnya dengan narasumber yang belum tentu bisa kita temui di kota kecil.

Untuk ulasan selengkapnya bisa lihat di https://meminangmelvi.blogspot.com/2019/10/7-hikmah-menjadi-anak-rantau.html


Comments

Signin Signup